Phonological Limitations of Children with Cerebral Palsy

Main Author: Yusda, Ihsanul Fuadi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Medicine, Universitas Andalas , 2022
Subjects:
Online Access: http://jurnalmka.fk.unand.ac.id/index.php/art/article/view/870
http://jurnalmka.fk.unand.ac.id/index.php/art/article/view/870/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan terkait limitasi fonologis yang terjadi akibat kesalahan fonologis yang diujarkan oleh penyandang cerebral palsy, yakni pada kasus Fahri dan Fatir yang berstatus sebagai siswa SLB Negeri 1 Padang, Sumatra Barat. Metode: Penelitian ini menerapkan metode pemerhatian analitik, studi kasus, dan observasi alami, serta metode narrative recording behavior. Dilanjutkan dengan penerapan teknik rekam dan teknik catat. Pada penelitian ini digunakan instrumen aplikasi praat dan kartu gambar. Kemudian dianalisis menggunakan metode padan artikulatoris dengan teknik dasarnya teknik pilah unsur penentu (PUP) dan teknik lanjutannya ialah teknik hubung banding membedakan (HBB). Hasil: limitasi fonologis yang dialami kedua subjek penelitian disebabkan oleh kesalahan fonologis yang terdapat pada ujaran mereka. Kesalahan fonologis tersebut ialah substitusi, omisi, adisi, dan distorsi dengan persentase masing-masingnya ialah 51,89%, 26,58%, 11,39%, dan 10,12% (untuk Fahri) dan 56,25%, 36,25%, 1,25%, dan 6,25% (untuk Fatir). Kesimpulan: Ditemukannya empat kesalahan fonologis sebagai bentuk penyebab limitasi fonologis pada ujaran kedua subjek penelitian yang menyandang disabilitas cerebral palsy. Dengan kesalahan fonologis yang dominan pada keduanya, yakni kesalahan fonologis substitusi.