UPAYA MENINGKATKAN ETIKA BERBICARA DIDALAM KELAS MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA KELAS XII IPS 2 DI SMA 2 BAE KUDUS TAHUN 2017/2018
Main Author: | KURNIA HANDAYANI, LILIS |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/9917/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/9917/2/BAB%201.pdf http://eprints.umk.ac.id/9917/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9917/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9917/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9917/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9917/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9917/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/9917/9/Lampiran.pdf http://eprints.umk.ac.id/9917/ http://eprints.umk.ac.id |
ctrlnum |
9917 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9917/</relation><title>UPAYA MENINGKATKAN ETIKA BERBICARA DIDALAM KELAS 
MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN 
TEKNIK SOSIODRAMA PADA KELAS 
XII IPS 2 DI SMA 2 BAE KUDUS 
TAHUN 2017/2018</title><creator>KURNIA HANDAYANI, LILIS</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah 1) Perubahan etika berbicara didalam kelas 
sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik 
sosiodrama. 2) Mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan 
teknik sosiodrama dapat meningkatkan etika berbicara didalam kelas 
Etika berbicara didalam kelas merupakan hal yang seharusnya dilakukan 
oleh setiap siswa, untuk mengungkapkan suatu perasaan, gagasan, ide dan ucapan 
yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Layanan bimbiingan melompok 
adalah suatu layanan yang diberikan kepada individu dalam situasi kelompok. 
Teknik sosiodrama adalah teknik untuk pemecahan masalah yang terjadi dalam 
konteks masalah sosial yaitu etika berbicara didalam kelas dengan cara 
mendramakan masalah-masalah tersebut melalui sebuah drama. Hipotesis 
penelitian ini adalah : Layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama 
untuk meningkatkan etika berbicara didalam kelas XII IPS 2 SMA N 2 Bae Kudus 
Tahun Pelajaran 2017/2018 
Penelitian bimbingan kelompok akan dilaksanakan di kelas XII IPS 2 
SMA 2 Bae kudus dengan subjek penelitian 8 siswa. Variabel bebas Layanan 
Bimbingan Kelompok Dengan Tenik Sosiodrama variabel terikat etika berbicara 
didalam kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, 
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini 
adalah analisis data deskriptif kualitatif. 
Etika siswa saat berbicara pada kelas XII IPS 2 SMA 2 Bae Kudus 
mengalami peningkatan, sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok 
dengan teknik sosiodrama mendapatkan hasil rendah dengan rata-rata 20 (40%) 
termasuk dalam kategori kurang (K).Setelah diberikan tindakan layanan 
bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siklus I meningkat dan memperoleh skor rata-rata 27,5 (55%) termasuk dalam kategori cukup (C). Pada 
siklus II memperoleh skor 43,5 termasuk (85%) dalam kategori sangat baik (SB). 
Hal ini menunjukkan adanya tingkat perbaikandari siklus I ke siklus II. Jadi dapat 
disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. 
Dapat meningkatkan etika berbicara siswa didalam kelas pada siswa kelas XII IPS 
2 SMA 2 Bae Kudus Tahun pelajaran 2017/2018. 
Kesimpulan dari hasil penelitian ini tentang Upaya Meningkatkan Etika 
Berbicara Didalam Kelas melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik 
Sosiodrama pada kelas XII IPS 2 di SMA 2 Bae Kudus Tahun 2017/2018 dapat 
diterima dan teruji kebenaranya. Dengan demikian layanan bimbingan kelompok 
dengan teknik sosiodrama disarankan kepada: 1. Kepada kepala sekolah, kepala 
sekolah dapat memanfaatkan sebagai kontribusi dalam menentukan kebijakan dalam rangka meningkatkan mutu bimbingan dan konseling. 2. Kepada Guru BK, 
sebagai acuan untuk membantu memberikan alternatif dalam mengarahkan siswa 
untuk meningkatkan kemampuan beretika dalam tingkah laku siswa melalui 
layanan informasi dengan teknik sosiodrama. 3. Kepada siswa, siswa dapat 
menyadari pentingnya etika berbicara didalam kelas.</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9917/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9917/2/BAB%201.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9917/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9917/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9917/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9917/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9917/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9917/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9917/9/Lampiran.pdf</identifier><identifier> KURNIA HANDAYANI, LILIS (2018) UPAYA MENINGKATKAN ETIKA BERBICARA DIDALAM KELAS MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA KELAS XII IPS 2 DI SMA 2 BAE KUDUS TAHUN 2017/2018. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9917</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
KURNIA HANDAYANI, LILIS |
title |
UPAYA MENINGKATKAN ETIKA BERBICARA DIDALAM KELAS
MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN
TEKNIK SOSIODRAMA PADA KELAS
XII IPS 2 DI SMA 2 BAE KUDUS
TAHUN 2017/2018 |
publishDate |
2018 |
topic |
Teori dan praktek pendidikan |
url |
http://eprints.umk.ac.id/9917/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/9917/2/BAB%201.pdf http://eprints.umk.ac.id/9917/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9917/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9917/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9917/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9917/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9917/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/9917/9/Lampiran.pdf http://eprints.umk.ac.id/9917/ http://eprints.umk.ac.id |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah 1) Perubahan etika berbicara didalam kelas
sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik
sosiodrama. 2) Mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan
teknik sosiodrama dapat meningkatkan etika berbicara didalam kelas
Etika berbicara didalam kelas merupakan hal yang seharusnya dilakukan
oleh setiap siswa, untuk mengungkapkan suatu perasaan, gagasan, ide dan ucapan
yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Layanan bimbiingan melompok
adalah suatu layanan yang diberikan kepada individu dalam situasi kelompok.
Teknik sosiodrama adalah teknik untuk pemecahan masalah yang terjadi dalam
konteks masalah sosial yaitu etika berbicara didalam kelas dengan cara
mendramakan masalah-masalah tersebut melalui sebuah drama. Hipotesis
penelitian ini adalah : Layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama
untuk meningkatkan etika berbicara didalam kelas XII IPS 2 SMA N 2 Bae Kudus
Tahun Pelajaran 2017/2018
Penelitian bimbingan kelompok akan dilaksanakan di kelas XII IPS 2
SMA 2 Bae kudus dengan subjek penelitian 8 siswa. Variabel bebas Layanan
Bimbingan Kelompok Dengan Tenik Sosiodrama variabel terikat etika berbicara
didalam kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis data deskriptif kualitatif.
Etika siswa saat berbicara pada kelas XII IPS 2 SMA 2 Bae Kudus
mengalami peningkatan, sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok
dengan teknik sosiodrama mendapatkan hasil rendah dengan rata-rata 20 (40%)
termasuk dalam kategori kurang (K).Setelah diberikan tindakan layanan
bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siklus I meningkat dan memperoleh skor rata-rata 27,5 (55%) termasuk dalam kategori cukup (C). Pada
siklus II memperoleh skor 43,5 termasuk (85%) dalam kategori sangat baik (SB).
Hal ini menunjukkan adanya tingkat perbaikandari siklus I ke siklus II. Jadi dapat
disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama.
Dapat meningkatkan etika berbicara siswa didalam kelas pada siswa kelas XII IPS
2 SMA 2 Bae Kudus Tahun pelajaran 2017/2018.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini tentang Upaya Meningkatkan Etika
Berbicara Didalam Kelas melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik
Sosiodrama pada kelas XII IPS 2 di SMA 2 Bae Kudus Tahun 2017/2018 dapat
diterima dan teruji kebenaranya. Dengan demikian layanan bimbingan kelompok
dengan teknik sosiodrama disarankan kepada: 1. Kepada kepala sekolah, kepala
sekolah dapat memanfaatkan sebagai kontribusi dalam menentukan kebijakan dalam rangka meningkatkan mutu bimbingan dan konseling. 2. Kepada Guru BK,
sebagai acuan untuk membantu memberikan alternatif dalam mengarahkan siswa
untuk meningkatkan kemampuan beretika dalam tingkah laku siswa melalui
layanan informasi dengan teknik sosiodrama. 3. Kepada siswa, siswa dapat
menyadari pentingnya etika berbicara didalam kelas. |
id |
IOS3090.9917 |
institution |
Universitas Muria Kudus |
institution_id |
139 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus |
library_id |
630 |
collection |
Repositori Universitas Muria Kudus |
repository_id |
3090 |
subject_area |
Bahasa Ekonomi Hukum |
city |
KUDUS |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3090 |
first_indexed |
2019-05-05T14:27:27Z |
last_indexed |
2019-05-05T14:27:27Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765996286837784576 |
score |
17.13294 |