ctrlnum 9917
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9917/</relation><title>UPAYA MENINGKATKAN ETIKA BERBICARA DIDALAM KELAS &#xD; MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN &#xD; TEKNIK SOSIODRAMA PADA KELAS &#xD; XII IPS 2 DI SMA 2 BAE KUDUS &#xD; TAHUN 2017/2018</title><creator>KURNIA HANDAYANI, LILIS</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah 1) Perubahan etika berbicara didalam kelas &#xD; sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik &#xD; sosiodrama. 2) Mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan &#xD; teknik sosiodrama dapat meningkatkan etika berbicara didalam kelas &#xD; Etika berbicara didalam kelas merupakan hal yang seharusnya dilakukan &#xD; oleh setiap siswa, untuk mengungkapkan suatu perasaan, gagasan, ide dan ucapan &#xD; yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Layanan bimbiingan melompok &#xD; adalah suatu layanan yang diberikan kepada individu dalam situasi kelompok. &#xD; Teknik sosiodrama adalah teknik untuk pemecahan masalah yang terjadi dalam &#xD; konteks masalah sosial yaitu etika berbicara didalam kelas dengan cara &#xD; mendramakan masalah-masalah tersebut melalui sebuah drama. Hipotesis &#xD; penelitian ini adalah : Layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama &#xD; untuk meningkatkan etika berbicara didalam kelas XII IPS 2 SMA N 2 Bae Kudus &#xD; Tahun Pelajaran 2017/2018 &#xD; Penelitian bimbingan kelompok akan dilaksanakan di kelas XII IPS 2 &#xD; SMA 2 Bae kudus dengan subjek penelitian 8 siswa. Variabel bebas Layanan &#xD; Bimbingan Kelompok Dengan Tenik Sosiodrama variabel terikat etika berbicara &#xD; didalam kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, &#xD; wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini &#xD; adalah analisis data deskriptif kualitatif. &#xD; Etika siswa saat berbicara pada kelas XII IPS 2 SMA 2 Bae Kudus &#xD; mengalami peningkatan, sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok &#xD; dengan teknik sosiodrama mendapatkan hasil rendah dengan rata-rata 20 (40%) &#xD; termasuk dalam kategori kurang (K).Setelah diberikan tindakan layanan &#xD; bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siklus I meningkat dan memperoleh skor rata-rata 27,5 (55%) termasuk dalam kategori cukup (C). Pada &#xD; siklus II memperoleh skor 43,5 termasuk (85%) dalam kategori sangat baik (SB). &#xD; Hal ini menunjukkan adanya tingkat perbaikandari siklus I ke siklus II. Jadi dapat &#xD; disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. &#xD; Dapat meningkatkan etika berbicara siswa didalam kelas pada siswa kelas XII IPS &#xD; 2 SMA 2 Bae Kudus Tahun pelajaran 2017/2018. &#xD; Kesimpulan dari hasil penelitian ini tentang Upaya Meningkatkan Etika &#xD; Berbicara Didalam Kelas melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik &#xD; Sosiodrama pada kelas XII IPS 2 di SMA 2 Bae Kudus Tahun 2017/2018 dapat &#xD; diterima dan teruji kebenaranya. Dengan demikian layanan bimbingan kelompok &#xD; dengan teknik sosiodrama disarankan kepada: 1. Kepada kepala sekolah, kepala &#xD; sekolah dapat memanfaatkan sebagai kontribusi dalam menentukan kebijakan dalam rangka meningkatkan mutu bimbingan dan konseling. 2. Kepada Guru BK, &#xD; sebagai acuan untuk membantu memberikan alternatif dalam mengarahkan siswa &#xD; untuk meningkatkan kemampuan beretika dalam tingkah laku siswa melalui &#xD; layanan informasi dengan teknik sosiodrama. 3. Kepada siswa, siswa dapat &#xD; menyadari pentingnya etika berbicara didalam kelas.</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9917/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9917/2/BAB%201.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9917/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9917/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9917/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9917/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9917/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9917/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9917/9/Lampiran.pdf</identifier><identifier> KURNIA HANDAYANI, LILIS (2018) UPAYA MENINGKATKAN ETIKA BERBICARA DIDALAM KELAS MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA KELAS XII IPS 2 DI SMA 2 BAE KUDUS TAHUN 2017/2018. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9917</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author KURNIA HANDAYANI, LILIS
title UPAYA MENINGKATKAN ETIKA BERBICARA DIDALAM KELAS MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA KELAS XII IPS 2 DI SMA 2 BAE KUDUS TAHUN 2017/2018
publishDate 2018
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/9917/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9917/2/BAB%201.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9917/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9917/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9917/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9917/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9917/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9917/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9917/9/Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9917/
http://eprints.umk.ac.id
contents Tujuan penelitian ini adalah 1) Perubahan etika berbicara didalam kelas sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. 2) Mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan etika berbicara didalam kelas Etika berbicara didalam kelas merupakan hal yang seharusnya dilakukan oleh setiap siswa, untuk mengungkapkan suatu perasaan, gagasan, ide dan ucapan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Layanan bimbiingan melompok adalah suatu layanan yang diberikan kepada individu dalam situasi kelompok. Teknik sosiodrama adalah teknik untuk pemecahan masalah yang terjadi dalam konteks masalah sosial yaitu etika berbicara didalam kelas dengan cara mendramakan masalah-masalah tersebut melalui sebuah drama. Hipotesis penelitian ini adalah : Layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan etika berbicara didalam kelas XII IPS 2 SMA N 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018 Penelitian bimbingan kelompok akan dilaksanakan di kelas XII IPS 2 SMA 2 Bae kudus dengan subjek penelitian 8 siswa. Variabel bebas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Tenik Sosiodrama variabel terikat etika berbicara didalam kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Etika siswa saat berbicara pada kelas XII IPS 2 SMA 2 Bae Kudus mengalami peningkatan, sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama mendapatkan hasil rendah dengan rata-rata 20 (40%) termasuk dalam kategori kurang (K).Setelah diberikan tindakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada siklus I meningkat dan memperoleh skor rata-rata 27,5 (55%) termasuk dalam kategori cukup (C). Pada siklus II memperoleh skor 43,5 termasuk (85%) dalam kategori sangat baik (SB). Hal ini menunjukkan adanya tingkat perbaikandari siklus I ke siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Dapat meningkatkan etika berbicara siswa didalam kelas pada siswa kelas XII IPS 2 SMA 2 Bae Kudus Tahun pelajaran 2017/2018. Kesimpulan dari hasil penelitian ini tentang Upaya Meningkatkan Etika Berbicara Didalam Kelas melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama pada kelas XII IPS 2 di SMA 2 Bae Kudus Tahun 2017/2018 dapat diterima dan teruji kebenaranya. Dengan demikian layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama disarankan kepada: 1. Kepada kepala sekolah, kepala sekolah dapat memanfaatkan sebagai kontribusi dalam menentukan kebijakan dalam rangka meningkatkan mutu bimbingan dan konseling. 2. Kepada Guru BK, sebagai acuan untuk membantu memberikan alternatif dalam mengarahkan siswa untuk meningkatkan kemampuan beretika dalam tingkah laku siswa melalui layanan informasi dengan teknik sosiodrama. 3. Kepada siswa, siswa dapat menyadari pentingnya etika berbicara didalam kelas.
id IOS3090.9917
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-05-05T14:27:27Z
last_indexed 2019-05-05T14:27:27Z
recordtype dc
_version_ 1765996286837784576
score 17.13294