THE MASTERY OF SIMPLE PRESENT TENSE OF THESEVENTH GRADE STUDENTS OF SMP 5 KUDUS IN 2017/2018 ACADEMIC YEAR TAUGHT BY USING COMPUTER ASSISTED LEARNING
Main Author: | ULFAH, ZULIA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/9550/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/9550/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9550/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9550/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9550/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9550/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9550/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9550/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/9550/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/9550/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- Bahasa Inggris adalah bahasa yang penting, sehingga bahasa Inggris menjadi salah satu bahan ajar di SMP. Salah satu cara menguasai bahasa Inggris adalah dengan meningkatkan penguasaan Grammar (tata bahasa). Penguasaan Grammar adalah pengetahuan dan kompetisi siswa untuk memahai tata bahasa. Ketika penulis berbicara tentang Grammar, hal itu akan beghubungan dengan tenses, ada banyak bentuk tenses dan disini penulis menggunakan simple present tense sebagai bahan penelitian. Simple present tense adalah bentuk tense yang digunakan untuk menggambarkan suatu tindakan yang bersifat yang biasa dilakukan atau sedang dilakukan saat ini. Simple present tense adalah salah satu materi pembelajaran dalam pelajaran bahasa Inggris untuk SMP, khususnya kelas VII. Ini juga diajarkan untuk siswa kelas VII di SMP 5 Kudus tahun pelajaran 2017/2018. Para siswa sulit dalam mempelajari simple present tense. Dalam hal ini, penulis memberikan solusi untuk membuat siswa lebih mudah dalam memahami simple present tense. Penulis ingin mengajar mereka dengan menggunakan Computer Assisted Learning. Computer Assisted Learning adalah teknik dalam penelitian ini dan penulis menggunakan aplikasi permainan sebagai salah satu jenis software yang digunakan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara penguasaan grammar siswa kelas VII SMP 5 kudus pada tahun ajaran 2017/2018 sebelum dan sesuadah diajar dengan menggunakan Computer Assisted Learnig. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental kuantitatif. Populasinya adalah kelas tujuh SMP 5 Kudus tahun ajaran 2017/2018. Penulis mengambil kelas VIIG sebagai sampel dengan menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan oleh penulis adalah pre-test dan post-test dengan format pilihan ganda. Jumlah tesnya dalah 20 soal. Hasil pre-test menunjukkan bahwa nilai rata-rata (mean) 56.09 dan standar deviasi 17.6 sedangkan data post-test menunjukkan bahwa mean 71.40 dan standar deviasi 17.82. perhitungan t-test menunjukkan t0= 7.5 > t-table= 2.042, artinya ada perbedaan yang signifikan antara penguasaan grammar siswa kelas VII SMP 5 kudus tahun ajaran 2017/2018 sebelum dan sesudah mengajar dengan menggunakan Computer Assisted Learning. Berdasarkan hasil diatas, penulis menyarankan bahwa guru harus menggunakan berbagai teknik dan media dalam mengajar bahasa Inggris. Dengan menggunakan Computer Assisted Learning para siswa akan lebih tertarik, lebih aktif, lebih mudah dalam belajar simple present tense.