Daftar Isi:
  • Penguasaan kosakata adalah yang paling banyak dibutuhkan untuk pelajar muda. Siswa kelas lima SD N 3 Tlogowungu Pati tahun akademik 2018/2019 mempunyai masalah dalam menguasai kosakata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemungkinan adanya perbedaan antara penguasaan kosakata pada siswa kelas lima SD N 3 Tlogowungu Pati pada tahun akademik 2018/2019 sebelum dan sesudah menggunakan permainan hadiah-hukuman monopoli. Model penelitian ini adalah penelitin percobaan dengan menggunakan pre-tes dan pos-tes. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas satu sampai kelas enam SD N 3 Tlogowungu Pati tahun akademik 2018/2019 yang berjumlah 150 siswa. Sementara itu, sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas 5 yang berjumlah 35 siswa. Data diambil dari tes menulis, setelah itu siswa diberi pre-tes , mereka diberi treatment selama 4 kali pertemuan, dan terakhir para siswa diberi pos-tes. Setelah mendapatkan data pre tes pos tes, peneliti mengolah data menggunakan t-tes untuk membuktikan perbedaan atas penguasaan kosakata siswa kelas 5 SD N 3 Tlogowungu Pati tahun akademik 2018/2019 sebelum dan sesudah diajar permainan hadiah-hukuman monopoli. Hasil perhitungan menunjukan bahwa nilai rata-rata dari penguasaan kosakata siswa sebelum diajar permainan hadiah-hukuman monopoli adalah 68.42 dan nilai rata-rata penguasaan kosakata setelah diajar permainan hadiah-hukuman monopoli adalah 84, dan t (hasil) adalah 8.19 ditingkat signifikasi α= 0.05 dan derajat bebas N-1, 35-1= 34, dan t tabel adalah 2.042 sedangkan t (hasil) menunjukkan angka 8.19 jatuh di daerah kritis. Sebab t (hasil) jatuh di daerah kritis, sehingga menunjukkan bahwa ada membuktikan perbedaan atas penguasaan siswa kelas lima SD N 3 Tlogowungu Pati tahun akademik 2018/2019 sebelum dan sesudah diajar menggunakan permainan hadiah-hukuan monopoli. Jadi, permainan hadiah-hukuman monopoli efektif untuk siswa dalam mempelajari kosakata. Siswa juga lebih kreatif dan aktif dalam kegiatan belajar mengajar serta meningkatkan motivasi siswa. Penulis menyarankan bagi guru-guru bahasa inggris dapat menggunakan permainan hadiah-hukuman monopoli dalam proses mengajar dikelas. Guru-guru bahasa inggris juga lebih inovatif dan kreatif untuk menciptakan situasi baru dalam mengajar siswa di kelas.