Daftar Isi:
  • Setiapsiswa yang belajarBahasaInggrismencapaikeberhasilan yang berbeda.Hal inidikarenakanadabeberapafaktor yang dapatmempengaruhikegagalandankeberhasilansiswadalambelajarBahasaInggris, adafaktor internal daneksternal.Faktor internal seringjugadisebutfaktoremosionaldarisiswa, meliputi: kecerdasansiswa, motivasi, dansikapsiswadalambelajarBahasaInggris. Sedangkan, faktoreksternalmeliputi: keluarga, lingkungansosial, cara guru mengajar, danmetode yang digunakandalam proses belajarmengajar. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuisikapsiswadanfaktor yang menyebabkansikapsiswakelas IV SD dalambelajarBahasaInggris di SD N MetaramanPatitahunajaran 2017/2018. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatif.Padapenelitianinipenulismenggunakanduainstrumen, observasidankuesioner.ObservasidigunakanuntukmengetahuibagaimanasikapsiswadalambelajarbahasaInggris.Sedangkan, kuesionerdigunakanuntukmengetahuifaktor-faktorpenyebabsikapsiswadalambelajarbahasaInggris.Kuesionerdibedakanmenjadiduafaktor, faktor internal danfaktoreksternal. Hasilpenelitianiniberdasarkanpadahasilobservasidanjawabansiswapadakuesioner. Dari observasimenunjukkanbahwasiswakelas IV aktifdalambelajarbahasaInggris, untukpersentasenyaadalah 94,1%. Sedangkan, siswa yang memilikimotivasirendahdalambelajarbahasaInggrispersentasenya 5,9%. Dari hasilkuesionermenunjukkanbahwafaktorpenyebabsikapsiswadalambelajarbahasaInggrisadalahbanyakteman yang gaduh di kelasselamakegiatanbelajarmengajar, siswatidaklancardlambelajarbahasaInggris, caradan media yang digunakan guru dalammengajar. Berdasarkandarihasilpenelitian, penulismemberikan saran agar siswatidakmalasdalambelajarbahasaInggris. Guru harusmemahamisikapdankarakteristiksiswadanmenjadikanitusebagaipertimbangandalammengajar agar siswatidakmudahbosandanmalasdalambelajarbahasaInggris.