Daftar Isi:
  • Vocabulary Mastery adalahsalahsatukomponenbahasa yang harus di kuasaiolehsiswadarisekolahdasarhinggauniversitas.Berdasarkankurikulumpendekatansekolahdasaradalah agar siswadapatberkomunikasi, membacabukuteksberbahasaInggris, dandapatmemahamimaknateks.Untukmengajarkan Kosakata akanlebihefektifbilamenggunakanmetode, media danstrategi. Menggunakanstrategi List-Group-Label dalammengajar Kosakata, diharapkanbisamendorongminatsiswadalampenguasaankosakata. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuikeefektifandaristrategi List-Group-Label untukmengajarkosa kata siswakelaslima SD N 1 Singocandi Kudus tahunajaran 2017/2018. Dalampenelitianini, penulismenggunakandesainpenelitianeksperimentanpakelompok control.Penulismenentukankelaslima SD N 1 Singocandi Kudus tahunajaran 2017/2018 sebagaipopulasidanmemilihkelas lima sebagi sample. Data hasilpenelitiantesinidiambildarihasiltespilihanganda.Pada pre-test rata-ratanyaadalah 59.3 dannilaistandardeviasinyaadalah 11.3.Sedangkanpada post-test rata-ratanyaadalah 71 dannilaistandardeviasinya 6.80.Untukujihipotesanya di peroleh 10.05, sedangkan t critical nyaadalah 2.145.Berdasarkandarihasiltersebut, dapatdisimpilkanhahwa List-Group-Label adalahsebuahstrategi yang efektifuntukmengajar Kosakata kelaslima SD N 1 Singocandi Kudus padatahunajaran 2017/2018. Makadariitu, penelitimemiliki saran bahwa guru akanmenjadilebihbaikjikamenggunakan List-Group-Label dalammengajarkosatata. Jadisiswabisamenghafal kata denganmudah.Selainitu, kegiatantidakhanyamembuatmerekalebihantusiasuntukmeningkatkanketerlibatanmerekadalam proses belajarmengajar.