Daftar Isi:
  • Strategi-strategi belajar adalah kebiasaan, pemikiran dan aksi dengan disengaja yang digunakan oleh pelajar selama proses pembelajaran dengan tujuan membantu mereka untuk mengerti. Dalam belajar bahasa inggris, ada 4 kemampuan yang sangat penting dan harus dikuasai. Ada kemampuan mendengarkan, membaca, berbicara dan menulis. Diantara kemampuan- kemampuan tersebut, kemampuan berbicara yang paling sulit untuk dikuasai oleh siswa. Dalam penelitian ini, penulis memfokuskan pada strategi-strategi untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas XI SMA N 1 Welahan Jepara tahun ajaran 2017/2018. Oxford membedakan strategi belajar menjadi 6 tipe, yaitu strategi memori, kognitif, kompensasi, afektif, metakognitif dan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi-strategi untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa XI MIPA SMA N 1 Welahan Jepara tahun ajaran 2017/2018, dan untuk mengetahui strategi-strategi untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas XI IPS SMA N 1 Welahan Jepara tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan desain deskripsi kualitatif. Pada penelitian ini, penulis menggunakan kuesioner sebagai instrumen dalam mengumpulkan data tentang strategi-strategi untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas XI SMA N 1 Welahan Jepara tahun ajaran 2017/2018. Data dalam penelitian ini adalah strategi-strategi siswa untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 1 Welahan Jepara tahun ajaran 2017/2018. Hasil dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Welahan Jepara tahun ajaran 2017/2018 menggunakan strategi memori, kognitif, kompensasi, afektif, metakognitif, dan sosial untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Tetapi, strategi sosial merupakan strategi yang selalu digunakan oleh siswa kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Welahan Jepara. Ini bisa dilihat dari perhitungan kuesioner dengan menggunakan rumus persen, persentase dari strategi sosial adalah 75%. Ini merupakan persentase tertinggi diantara semua strategi belajar. Sedangkan, siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Welahan Jepara tahun ajaran 2017/2018 menggunakan semua strategi-strategi belajar untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Tetapi, strategi kompensasi dan sosial merupakan strategi yang selalu digunakan oleh semua siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Welahan Jepara untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Persentase strategi kompensasi dan sosial yaitu 67%. Ini merupakan persentase tertinggi diantara semua strategi belajar. Berdasarkan penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa semua strategi- strategi belajar yang di buat oleh Rebecca L. Oxford (Oxford’s SILL 1989) digunakan oleh semua siswa kelas XI MIPA 1 dan IPS 1 SMA N 1 Welahan Jepara tahun ajaran 2017/2018.