Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas belajar siswa saat pembelajaran materi jaring-jaring balok dan kubus menggunakan model pembelajaranTeam Games Tournamentberbantuan Cubecraft pada siswa kelas V SD 1 Panjang. Penerapan model Team Games Tournamentadalah salah satu pendekatan matematis yang menerapkan metode permainan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan memahami suatu konsep matematis yang terdapat pada materi jaring-jaring balok dan kubus. Sedangkan media Cubecraft merupakan permainan melipat kertas hingga membentuk suatu benda yang berbentuk boneka Si Unyil dan Pak Raden. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep matematis pada materi jaring-jaring balok dan kubus menggunakan model Team Games Tournament berbantuCubecraft pada siswa kelas V di SD 1 Panjang kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)yang dilaksanakan di kelas V SD 1 Panjang dengan subyek 30 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Team Games Tournament berbantuCubecraft sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep matematis. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitataif. Hasil penelitian terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan ketuntasan belajar klasikal antara siklus I (76,67%) dan siklus II (86,67%), didukung dengan aktivitas belajar matematis siswa pada siklus I 78% (Baik) dan meningkat pada siklus II 82,5% (Baik). Pengelolaan model Teams Games Tournament berbantuan media Cubecraft Si Unyil dan Pak Raden juga mengalami peningkatan pada siklus I 82,24% (Baik) dan siklus II menjadi 95,37% (Sangat Baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Teams Games Tournament berbantu Cubecraft Si Unyil dan Pak Raden dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas belajar pada siswa kelas V SD 1 Panjang. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Teams Games Tournament berbantuan Cubecraft Si Unyil dan Pak Raden, perlu memberikan motivasi agar dapat mengembangkan kemampuan dalam menerapkan konsep matematis.