ctrlnum 9497
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9497/</relation><title>UPAYA PENINGKATAN HASIL BEAJAR SISWA PKn MELALUI &#xD; MODEL TALKING STICK PADA SISWA KELAS V &#xD; SDN KERANGKULON 2 DEMAK</title><creator>Safitri, Uli</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Talking stick terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran. Penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Peraturan Perundang-Undangan pada kelas V di SDN Kerangkulon 2 Demak.&#xD; Model Talking Stick merupakan model pembelajaran kelompok dengan bantuan tongkat.Kelompok memegang tongkat terlebih dahulu wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah mereka mempelajari materi pokok.&#xD; Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan dikelas V di SDN Kerangkulon 2Demak dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian ini akan berlangsung dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksaan, tindakan, observasi dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Talking stick, sedangkan variabel terikatnya ialah hasil belajar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan data kuantitatif.&#xD; Hasil penelitian siklus I pengelolaan pembelajaran guru mencapai persentase ketuntasan 78,87% dengan kriteria &#x201C;baik&#x201D; dan mengalami peningkatan siklus II menjadi 86,20% dengan kriteria &#x201C;sangat baik&#x201D;. Hasil belajar PKn siswa ranah kognitif siklus I persentase ketuntasan 69,80% dan mengalami peningkatan siklus II menjadi 88,00%. Hasil belajar PKn siswa ranah afektif siklus I persentase ketuntasan 67,50% dengan kriteria &#x201C;sedang&#x201D; dan mengalami peningkatan siklus II menjadi 78,10% dengan kriteria &#x201C;tinggi&#x201D;. Hasil belajar PKn siswa ranah psikomotorik siklus I persentase ketuntasan 66,42% dengan kriteria &#x201C;sedang&#x201D; dan mengalami peningkatan siklus II menjadi 77,83% dengan kriteria &#x201C;baik&#x201D;.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas V SDN Kerangkulon 2 Demak dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Talking Stickdapat meningkatkan hasil belajar siswa baik ranah kognitif, afektif dan psikomotorik dari siswa SDN Kerangkulon 2 Demak</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9497/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9497/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9497/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9497/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9497/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9497/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9497/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9497/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9497/9/Lampiran.pdf</identifier><identifier> Safitri, Uli (2018) UPAYA PENINGKATAN HASIL BEAJAR SISWA PKn MELALUI MODEL TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SDN KERANGKULON 2 DEMAK. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9497</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Safitri, Uli
title UPAYA PENINGKATAN HASIL BEAJAR SISWA PKn MELALUI MODEL TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SDN KERANGKULON 2 DEMAK
publishDate 2018
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/9497/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9497/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9497/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9497/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9497/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9497/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9497/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9497/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9497/9/Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9497/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Talking stick terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran. Penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Peraturan Perundang-Undangan pada kelas V di SDN Kerangkulon 2 Demak. Model Talking Stick merupakan model pembelajaran kelompok dengan bantuan tongkat.Kelompok memegang tongkat terlebih dahulu wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah mereka mempelajari materi pokok. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan dikelas V di SDN Kerangkulon 2Demak dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian ini akan berlangsung dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksaan, tindakan, observasi dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Talking stick, sedangkan variabel terikatnya ialah hasil belajar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian siklus I pengelolaan pembelajaran guru mencapai persentase ketuntasan 78,87% dengan kriteria “baik” dan mengalami peningkatan siklus II menjadi 86,20% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil belajar PKn siswa ranah kognitif siklus I persentase ketuntasan 69,80% dan mengalami peningkatan siklus II menjadi 88,00%. Hasil belajar PKn siswa ranah afektif siklus I persentase ketuntasan 67,50% dengan kriteria “sedang” dan mengalami peningkatan siklus II menjadi 78,10% dengan kriteria “tinggi”. Hasil belajar PKn siswa ranah psikomotorik siklus I persentase ketuntasan 66,42% dengan kriteria “sedang” dan mengalami peningkatan siklus II menjadi 77,83% dengan kriteria “baik”. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas V SDN Kerangkulon 2 Demak dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Talking Stickdapat meningkatkan hasil belajar siswa baik ranah kognitif, afektif dan psikomotorik dari siswa SDN Kerangkulon 2 Demak
id IOS3090.9497
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-05-05T14:27:07Z
last_indexed 2019-05-05T14:27:07Z
recordtype dc
_version_ 1765996284729098240
score 17.13294