ctrlnum 9493
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9493/</relation><title>PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PENGUMUMAN MELALUI PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE&#xD; BERBANTUAN MEDIA POSTER KELAS IV DI &#xD; SD NEGERI KEDUNGBULUS 02 &#xD; GEMBONG PATI</title><creator>HIDAYAH, ULFAH</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis pengumuman melalui penerapan model think talk write berbantuan media poster pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD N Kedungbulus 02. &#xD; Keterampilan menulis merupakan salah satu aspek berbahasa yang sangat penting. Menulis merupakan suatu bentuk manifestasi kemampuan dan keterampilan berbahasa yang paling akhir dikuasai oleh pembelajar bahasa setelah kemampuan mendengarkan,berbicara,dan membaca. Pengumuman adalah proses, cara, atau perbuatan mengumumkan kepada orang lain baik secara lisan maupun tulisan. Keterampilan menulis pengumuman dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran salah satunya adalah model think talk write. Model pembelajaran think talk write adalah suatu model dimana siswa dihadapkan pada tiga tahapan, yaitu think (bagaimana proses berpikirnya), talk (kemampuan berkomunikasi), write (kemampuan menulis). Poster adalah gambar yang ditujukan sebagai pemberitahuan atau peringatan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model TTW dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan keterampilan menulis pengumuman siswa kelas IV SD N Kedungbulus 02. &#xD; Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IVSD N Kedungbulus 02 dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklusnya terdiri atas empat tahapan, diantaranya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel terikat penelitian ini adalah keterampilan menulis pengumuman. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes, pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. &#xD; Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan siswa dalam menulis pengumuman menggunakan model think talk write berbantuan media poster yang signifikan antara tahap prasiklus yang mencapai rata-rata persentase sebesar 44% dengan kriteria kurang, siklus I mencapai persentase 50% dengan kriteria kurang, dan siklus II mencapai persentase 94% dengan kriteria sangat baik. Peningkatan keterampilan menulis pengumuman di dukung dengan peningkatan keterampilan guru dan aktivitas siswa. Rata-rata keterampilan guru mengalami peningkatan dari rata-rata persentase 74% pada siklus I dengan kriteria baik, meningkatkan menjadi 89% pada siklus II dengan kriteria sangat baik. aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai persentase sebesar 66% dengan kriteria cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 82% dengan kriteria sangat baik. &#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model think talk write berbantuan media poster dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa, serta keterampilan siswa dalam menulis pengumuman</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9493/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9493/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9493/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9493/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9493/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9493/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9493/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9493/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9493/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> HIDAYAH, ULFAH (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PENGUMUMAN MELALUI PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA POSTER KELAS IV DI SD NEGERI KEDUNGBULUS 02 GEMBONG PATI. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9493</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author HIDAYAH, ULFAH
title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PENGUMUMAN MELALUI PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA POSTER KELAS IV DI SD NEGERI KEDUNGBULUS 02 GEMBONG PATI
publishDate 2018
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/9493/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9493/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9493/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9493/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9493/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9493/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9493/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9493/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9493/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9493/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis pengumuman melalui penerapan model think talk write berbantuan media poster pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD N Kedungbulus 02. Keterampilan menulis merupakan salah satu aspek berbahasa yang sangat penting. Menulis merupakan suatu bentuk manifestasi kemampuan dan keterampilan berbahasa yang paling akhir dikuasai oleh pembelajar bahasa setelah kemampuan mendengarkan,berbicara,dan membaca. Pengumuman adalah proses, cara, atau perbuatan mengumumkan kepada orang lain baik secara lisan maupun tulisan. Keterampilan menulis pengumuman dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran salah satunya adalah model think talk write. Model pembelajaran think talk write adalah suatu model dimana siswa dihadapkan pada tiga tahapan, yaitu think (bagaimana proses berpikirnya), talk (kemampuan berkomunikasi), write (kemampuan menulis). Poster adalah gambar yang ditujukan sebagai pemberitahuan atau peringatan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model TTW dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan keterampilan menulis pengumuman siswa kelas IV SD N Kedungbulus 02. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IVSD N Kedungbulus 02 dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklusnya terdiri atas empat tahapan, diantaranya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel terikat penelitian ini adalah keterampilan menulis pengumuman. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes, pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan siswa dalam menulis pengumuman menggunakan model think talk write berbantuan media poster yang signifikan antara tahap prasiklus yang mencapai rata-rata persentase sebesar 44% dengan kriteria kurang, siklus I mencapai persentase 50% dengan kriteria kurang, dan siklus II mencapai persentase 94% dengan kriteria sangat baik. Peningkatan keterampilan menulis pengumuman di dukung dengan peningkatan keterampilan guru dan aktivitas siswa. Rata-rata keterampilan guru mengalami peningkatan dari rata-rata persentase 74% pada siklus I dengan kriteria baik, meningkatkan menjadi 89% pada siklus II dengan kriteria sangat baik. aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai persentase sebesar 66% dengan kriteria cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 82% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model think talk write berbantuan media poster dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa, serta keterampilan siswa dalam menulis pengumuman
id IOS3090.9493
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-05-05T14:27:07Z
last_indexed 2019-05-05T14:27:07Z
recordtype dc
_version_ 1765996284710223872
score 17.13294