PENERPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE BERBANTUAN MEDIA BAGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SD 1 DERSALAM
Main Author: | HANDAYANI, NILA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/9489/1/Hal.%20judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/9489/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9489/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9489/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9489/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9489/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9489/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9489/8/Daftar%20Pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/9489/9/Lampiran.pdf http://eprints.umk.ac.id/9489/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Take and Givedan menjelaskan keterampilan guru , aktivitas siswa dan peningkatakan hasil belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku kelas IV SD 1 Dersalam Kudus. Hasil belajar merupakan suatu pencapain yang diperoleh siswa terhadap apa yang telah dilakukan selama proses pembelajaran oleh peserta didik. Sedangkan model Take and Give adalah model yang dapat meningkatkan kerjasama sehingga mampu mengaktifkan siswa dalam bersosialisasi melalui kegiatan bertukar informasi atau pengetahuan anatar teman sebaya di dalam kelas.Hipotesis tindakan dalam penelitian ini yakni peningkatan keterampilan guru, akitivitas siswa, serta peningkatam hasil belajar melalui model Take and Giveberbantuan media bagan pada siswa kelas IV SD 1 Dersalam Kudus. Penelitian tindakan ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 1 Dersalam Kudus dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Variabel bebas yakni model Take and Give berbantuan media bagan dan variabel terikatnya yakni hasil belajar. Intrumen penelitian berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan meningkat setiap siklusnya. Pada persentase keterampilan guru memperoleh rata-rata klasikal yakni 73.75% (baik), kemudian meningkat pada siklus II yakni 90.4% (sangat baik). Selanjutnya persentase aktivitas siswa aspek sfektif pada siklus I memperoleh 71.4% (baik) dan meningkat pada siklus II sebesar 83.3% (sangat baik). Kemudian persentase aktivitas siswa pada aspek psikomotorik siklus I memperoleh 72.81 % (baik) dan meningkat pada siklus II sebesar 84.3% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan pada aspek kognitif muatan IPS setelah diadakan penelitian siklus I memperoleh persentase 83.33% (sangat baik) dan meningkat lagi pada siklus II dengan memperoleh persentase 86% (Sangat baik).Muatan Bahasa Indonesia memperoleh persentase 80.56% (Baik) dan meningkat lagi pada siklus II dengan memperoleh persentase 91.67% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas VI SD 1 Dersalam Kudus dapat disimpulkan bahwa model Take and Give berbantuan media baganpada temadaerah tempat tinggalku dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar kognitif siswa. Peneliti menyarankan agar para guru memberikan motivasi dan inovasi dengan model-model pembelajaran agar siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.