PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE BERBANTU MEDIA KARTU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NGEMPLAK KIDUL 02 PATI
Main Author: | AINUR RIZKIYAH, INA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/9461/1/hal.%20judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/9461/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9461/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9461/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9461/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9461/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9461/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9461/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/9461/9/lampiran.pdf http://eprints.umk.ac.id/9461/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Take and Give berbantu media kartu pada mata pelajaran IPS dengan materi “menghargai jasa para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan” kelas V SD Ngemplak Kidul 02 Pati. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan mengambil sampel 32 siswa pada kelas V SD Ngemplak Kidul. Penelitian ini menggunakan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, unjuk kerja, dan tes. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan pada tiap siklusnya. Analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru dengan menerapkan model pembelajaran Take and Give pada siklus I 73,52% dan meningkat pada siklus II menjadi 85,29%. Aktivitas siswa pada siklus I mendapat 69,56% dan meningkat siklus II menjadi 77,62%. Hasil belajar pada siswa dari siklus I yang menunjukkan 71,85% dan meningkat menjadi 81,25% pada siklus II, hasil belajar ranah afektif 71,48% pada siklus I dan meningkat menjadi 75,45% pada siklus II, dan hasil belajar ranah psikomotor pada siklus I 73,04% dan meningkat menjadi 83,2% pada siklus II. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Take and Give berbantu media kartu dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SD Ngemplak Kidul 02. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Take and Give berbantu media kartu dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SD Ngemplak Kidul 02 Pati. Saran untuk guru adalah sebaiknya guru menggunakan model pembelajaran yang beragam seperti model Take and Give sebagai referensi dalam memilih model pembelajaran agar lebih menarik selama proses pembelajaran. Siswa juga sebaiknya lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran