ctrlnum 9456
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9456/</relation><title>UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU</title><creator>HIDAYAH, NOOR</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar ranah kognitif, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru melalui model pembelajaran Talking Stick dengan berbantuan media Flipchart di kelas IV SD 6 Hadipolo Kudus. &#xD; Hasil belajar merupakan kemampuan seseorang yang diperoleh dengan adanya suatu usaha dari kegiatan belajar yang mencakup tiga aspek yaitu kognitif, psikomotorik, dan afektif. Talking Stick adalah model pembelajaran kelompok dimana dalam model pembelajaran tersebut menggunakan sebuah tongkat dengan panjang ukuran 20 cm dengan diiringi lagu, siswa yang terakhir memegang tongkat tersebut akan diberikan pertanyaan dari guru. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Flipchart dapat meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif pada Tema Kayanya Negeriku pada siswa kelas IV SD 6 Hadipolo Kudus. &#xD; Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 6 Hadipolo Kudus dengan subjek penelitian 33 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas yaitu model pembelajaran Talking Stick dan media Flipchart, sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar kognitif, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. &#xD; Hasil penelitian pada hasil belajar ranah kognitif siswa tema kayanya negeriku siklus I dengan persentase ketuntasan belajar 71,78% dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II 78,59% dengan kriteria baik. Selain itu, terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I 67,8% dengan kriteria baik menjadi 76,92% dengan kriteria baik. Keterampilan guru melalui penerapan model Talking Stick berbantuan media Flipchart siklus I dengan persentase klasikal 65,4% dengan kriteria baik meningkat pada siklus II 77,38% dengan kriteria baik. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Flipchart dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru pada siswa kelas IV SD 6 Hadipolo.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dikelas IV SD 6 Hadipolo dapat disimpulkan bahwa penerapan model Talking Stick berbantuan media Flipchart dapat meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif tema kayanya negeriku. Penerapan model pembelajaran Talking Stick disarankan, guru harus mengarahkan siswa dalam menganalisa gambar pada media Flipchart sebagai bahan diskusi agar siswa dapat menemukan konsep secara mandiri</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9456/1/HAL.JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9456/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9456/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9456/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9456/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9456/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9456/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9456/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9456/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> HIDAYAH, NOOR (2018) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9456</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author HIDAYAH, NOOR
title UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU
publishDate 2018
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/9456/1/HAL.JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9456/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9456/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9456/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9456/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9456/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9456/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9456/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9456/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9456/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar ranah kognitif, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru melalui model pembelajaran Talking Stick dengan berbantuan media Flipchart di kelas IV SD 6 Hadipolo Kudus. Hasil belajar merupakan kemampuan seseorang yang diperoleh dengan adanya suatu usaha dari kegiatan belajar yang mencakup tiga aspek yaitu kognitif, psikomotorik, dan afektif. Talking Stick adalah model pembelajaran kelompok dimana dalam model pembelajaran tersebut menggunakan sebuah tongkat dengan panjang ukuran 20 cm dengan diiringi lagu, siswa yang terakhir memegang tongkat tersebut akan diberikan pertanyaan dari guru. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Flipchart dapat meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif pada Tema Kayanya Negeriku pada siswa kelas IV SD 6 Hadipolo Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 6 Hadipolo Kudus dengan subjek penelitian 33 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas yaitu model pembelajaran Talking Stick dan media Flipchart, sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar kognitif, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada hasil belajar ranah kognitif siswa tema kayanya negeriku siklus I dengan persentase ketuntasan belajar 71,78% dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II 78,59% dengan kriteria baik. Selain itu, terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I 67,8% dengan kriteria baik menjadi 76,92% dengan kriteria baik. Keterampilan guru melalui penerapan model Talking Stick berbantuan media Flipchart siklus I dengan persentase klasikal 65,4% dengan kriteria baik meningkat pada siklus II 77,38% dengan kriteria baik. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Flipchart dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru pada siswa kelas IV SD 6 Hadipolo. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dikelas IV SD 6 Hadipolo dapat disimpulkan bahwa penerapan model Talking Stick berbantuan media Flipchart dapat meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif tema kayanya negeriku. Penerapan model pembelajaran Talking Stick disarankan, guru harus mengarahkan siswa dalam menganalisa gambar pada media Flipchart sebagai bahan diskusi agar siswa dapat menemukan konsep secara mandiri
id IOS3090.9456
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-05-05T14:27:02Z
last_indexed 2019-05-05T14:27:02Z
recordtype dc
_version_ 1765996284541403136
score 17.13294