Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Flashcard dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IV SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus pada materi perkembangan teknologi. Model pembelajaran Talking Stick merupakan model pembelajaran yang didalam proses pembelajarannya guru menggunakan tongkat, siapa yang memegang tongkat wajib menjawab pertanyaan dari guru. Flashcard merupakan media kartu berisi gambar/kata yang mampu mendorong minat belajar siswa. Hasil belajar adalah sesuatu yang dicapai atau diperoleh siswa yang mana hal tersebut dinyatakan dalam pengetahuan, sikap dan keterampilan. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah keterampilan guru dan hasil belajar IPS dengan diterapkannya model pembelajaran Talking Stick dapat meningkat. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD Muhammadiyah Birrul Walidain dengan subjek penelitian guru dan dan 22 siswa yang berlangsung selama dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap satu siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Flashcard, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model tersebut dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari rata-rata persentase 73,33% (baik) menjadi 80% (sangat baik). Hasil belajar ranah kognitif mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 72,95% (baik) menjadi 77,72% (baik). Hasil belajar ranah afektif mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 62,32% (cukup) menjadi 79,54% (baik). Hasil belajar pada ranah psikomotorik juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 61,70% (cukup) menjadi 80,56% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Flashcard dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada pelajaran IPS materi perkembangan teknologi kelas IV SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus.