ctrlnum 9454
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9454/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL MAKE A&#xD; MATCH BERBANTUAN MEDIA WAYANG TOKOH&#xD; DI KELAS V SDN SUKOHARJO 01 PATI</title><creator>RAMADHANI, ALFIYAH</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan Mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Make a match berbantuan media Wayang Tokohdalam meningkatkan pemahaman konsep IPS Materi Perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan dimasa jepang dan belanda.Model Pembelajaran Make a Match merupakan pembelajaran yang dikembangkan oleh Lorna Curran untuk mencari pasangan sambil mempelajari suatu konsep atau topik tertentu dengan suasana yang menyenangkan.Dalam penelitian ini penerapan model Make a Matchdifokuskan pada materi perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan dimasa jepang dan belanda. Media Wayang Tokoh merupakanmedia permainan tentang gambar perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan jepang dan belanda yang dikemas dalam cerita petualangan yang menarik. Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada diri siswa dari hasil kegiatan belajar yang telah dilakukan. IPS merupakan cabang ilmu pengetahuan yang diorganisasikan, disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan dan merupakan integrasi atau penyatuan dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora, serta kegiatan dasar manusia. Dalam penelitian ini penerapan model make amatchdifokuskan pada materi IPS perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan jepang dan belanda yang mengutamakan mencari pasangan.&#xD; Hasilpenelitianterdapatpeningkatanhasilbelajar IPS siswapadamateriperjuanganparatokohpejuangpadamasapenjajahanjepangdanbelandayaitupadaranahkognitifsiklus I (28,1%) siklus II menjadi (78,1%), ranahafektifsiklus I (45,23%) menjadi (75,23%) padasiklus II, ranahpsikomotoriksiklus I (74%) menjadi (90,31%) padasiklus II. Peningkatantersebutdidukungketerampilan guru dalammengelolapembelajaransiklus I (73%),menjadi siklus II (84%) melalui model pembelajaran make a matchdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaran IPS materiperjuanganparatokohpejuangpadamasapenjajahanjepangdanbelandakelas V SDN Sukoharjo01 Pati.&#xD; Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas yang dilakukanpadakelas V SDNSukoharjo 01 Patidapatdisimpulkanbahwapenggunaan model make a matchdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaran IPS materiPerjuanganparatokohpejuangpadamasapenjajahandimasajepangdanbelandakelas V SDN Sukoharjo01 Pati. Penelitimenyarankandalampembelajaranmenggunakan model pembelajaranmake a matchdanmenggunakan media denganbaik agar dapatmeningkatkanhasilbelajar.</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9454/1/halaman%20depan%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9454/2/BAB%201%20tumpuk.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9454/3/BAB%20II%20tumpuk.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9454/4/BAB%20III%20tumpuk1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9454/5/BAB%20IV%20tumpuk.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9454/6/BAB%20V%20tumpuk.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9454/7/BAB%20VI%20tumpuk.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9454/8/DAFTAR%20PUSTAKA%20tumpuk.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9454/9/Lampiran%20tumpuk%20.pdf</identifier><identifier> RAMADHANI, ALFIYAH (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA WAYANG TOKOH DI KELAS V SDN SUKOHARJO 01 PATI. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9454</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author RAMADHANI, ALFIYAH
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA WAYANG TOKOH DI KELAS V SDN SUKOHARJO 01 PATI
publishDate 2018
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/9454/1/halaman%20depan%20SKRIPSI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9454/2/BAB%201%20tumpuk.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9454/3/BAB%20II%20tumpuk.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9454/4/BAB%20III%20tumpuk1.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9454/5/BAB%20IV%20tumpuk.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9454/6/BAB%20V%20tumpuk.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9454/7/BAB%20VI%20tumpuk.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9454/8/DAFTAR%20PUSTAKA%20tumpuk.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9454/9/Lampiran%20tumpuk%20.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9454/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan Mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Make a match berbantuan media Wayang Tokohdalam meningkatkan pemahaman konsep IPS Materi Perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan dimasa jepang dan belanda.Model Pembelajaran Make a Match merupakan pembelajaran yang dikembangkan oleh Lorna Curran untuk mencari pasangan sambil mempelajari suatu konsep atau topik tertentu dengan suasana yang menyenangkan.Dalam penelitian ini penerapan model Make a Matchdifokuskan pada materi perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan dimasa jepang dan belanda. Media Wayang Tokoh merupakanmedia permainan tentang gambar perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan jepang dan belanda yang dikemas dalam cerita petualangan yang menarik. Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada diri siswa dari hasil kegiatan belajar yang telah dilakukan. IPS merupakan cabang ilmu pengetahuan yang diorganisasikan, disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan dan merupakan integrasi atau penyatuan dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora, serta kegiatan dasar manusia. Dalam penelitian ini penerapan model make amatchdifokuskan pada materi IPS perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan jepang dan belanda yang mengutamakan mencari pasangan. Hasilpenelitianterdapatpeningkatanhasilbelajar IPS siswapadamateriperjuanganparatokohpejuangpadamasapenjajahanjepangdanbelandayaitupadaranahkognitifsiklus I (28,1%) siklus II menjadi (78,1%), ranahafektifsiklus I (45,23%) menjadi (75,23%) padasiklus II, ranahpsikomotoriksiklus I (74%) menjadi (90,31%) padasiklus II. Peningkatantersebutdidukungketerampilan guru dalammengelolapembelajaransiklus I (73%),menjadi siklus II (84%) melalui model pembelajaran make a matchdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaran IPS materiperjuanganparatokohpejuangpadamasapenjajahanjepangdanbelandakelas V SDN Sukoharjo01 Pati. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas yang dilakukanpadakelas V SDNSukoharjo 01 Patidapatdisimpulkanbahwapenggunaan model make a matchdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaran IPS materiPerjuanganparatokohpejuangpadamasapenjajahandimasajepangdanbelandakelas V SDN Sukoharjo01 Pati. Penelitimenyarankandalampembelajaranmenggunakan model pembelajaranmake a matchdanmenggunakan media denganbaik agar dapatmeningkatkanhasilbelajar.
id IOS3090.9454
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-05-05T14:27:02Z
last_indexed 2019-05-05T14:27:02Z
recordtype dc
_version_ 1765996284528820224
score 17.13294