PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 KUDUS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING
Main Author: | THORIQUL HUDA, MUHAMMAD |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/9444/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/9444/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9444/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9444/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9444/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9444/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9444/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9444/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/9444/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/9444/ http://eprints.umk.ac.id |
ctrlnum |
9444 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9444/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 
KUDUS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL 
THROWING</title><creator>THORIQUL HUDA, MUHAMMAD</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Snowball 
Throwing dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan peningkatan aktivitas belajar 
dan dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus, setelah 
diterapkannya model pembelajaran Snowball Throwin, mendeskripsikan peningkatan hasil 
belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas V 
SD Muhammadiyah 1 Kudus. 
Hasil belajar IPS merupakan hasil yang berupa kemampuan dalam aspek kognitif, afektif, 
dan psikomotorik. Aspek kognitif berupa nilai hasil akademik siswa, aspek afektif berupa 
kaktifan siswa dalam kelas, aspek psikomotorik berupa kemampuan siswa dalam kerjasama. 
Snowball Throwing merupakan model pembelajaran yang mengarahkan perhatian siswa 
erhadap materi yang disampaikan pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus tahun 
ajaran 2017/2018. 
Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dikelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus dengan 
subjek penelitian 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri 
dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas 
adalah model pembelajaran Snowball Throwing. Sedangkan variabel terikat adalah hasil 
belajar IPS. Instrumen penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. 
Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran 
Snowball Throwing meningkat disetiap siklus. Persentase keterampilan guru siklus I rata-
rata klasikal yakni 68,50% kriteria baik dan meningkat pada siklus II rata-rata klasikal 
menjadi 87,50% kriteria sangat baik. Lalu persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I 
rata-rata klasikal yakni 69,15% kriteria baik dan meningkat pada siklus II rata-rata klasikal 
menjadi 82,55% kriteria baik. Sedangkan persentase hasil belajar siswa ranah afektif siklus I 
rata-rata klasikal yakni 62,35% kriteria cukup, kemudian meningkat pada siklus II rata-rata 
klasikal menjadi 85,15% kriteria sangat baik. Persentase hasil belajar siswa ranah 
psikomotorik pada siklus I rata-rata klasikal yakni 65,30% kriteria baik, kemudian 
meningkat pada siklus II rata-rata klasikal menjadi 84,10% kriteria baik. Persentase 
ketuntasan hasil belajar aspek kognitif pada prasiklus yakni 68,20% kriteria baik, kemudian 
setelah dilakukan penelitian siklus I menjadi 70,20% kriteria baik dan meningkat pada siklus 
II menjadi 76,80% kriteria baik. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Snowball 
Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi “Poklamasi Kemerdekaan 
Indonesia kelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus. 
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 
Muhammadiyah 1 Kudus dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Snowball Throwing 
dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada materi “Proklamasi Kemerdekaan Indonesia” kelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus.</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9444/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9444/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9444/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9444/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9444/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9444/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9444/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9444/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9444/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> THORIQUL HUDA, MUHAMMAD (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 KUDUS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9444</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
THORIQUL HUDA, MUHAMMAD |
title |
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1
KUDUS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL
THROWING |
publishDate |
2018 |
topic |
Teori dan praktek pendidikan |
url |
http://eprints.umk.ac.id/9444/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/9444/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9444/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9444/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9444/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9444/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9444/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9444/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/9444/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/9444/ http://eprints.umk.ac.id |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Snowball
Throwing dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan peningkatan aktivitas belajar
dan dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus, setelah
diterapkannya model pembelajaran Snowball Throwin, mendeskripsikan peningkatan hasil
belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas V
SD Muhammadiyah 1 Kudus.
Hasil belajar IPS merupakan hasil yang berupa kemampuan dalam aspek kognitif, afektif,
dan psikomotorik. Aspek kognitif berupa nilai hasil akademik siswa, aspek afektif berupa
kaktifan siswa dalam kelas, aspek psikomotorik berupa kemampuan siswa dalam kerjasama.
Snowball Throwing merupakan model pembelajaran yang mengarahkan perhatian siswa
erhadap materi yang disampaikan pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus tahun
ajaran 2017/2018.
Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dikelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus dengan
subjek penelitian 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri
dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas
adalah model pembelajaran Snowball Throwing. Sedangkan variabel terikat adalah hasil
belajar IPS. Instrumen penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran
Snowball Throwing meningkat disetiap siklus. Persentase keterampilan guru siklus I rata-
rata klasikal yakni 68,50% kriteria baik dan meningkat pada siklus II rata-rata klasikal
menjadi 87,50% kriteria sangat baik. Lalu persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I
rata-rata klasikal yakni 69,15% kriteria baik dan meningkat pada siklus II rata-rata klasikal
menjadi 82,55% kriteria baik. Sedangkan persentase hasil belajar siswa ranah afektif siklus I
rata-rata klasikal yakni 62,35% kriteria cukup, kemudian meningkat pada siklus II rata-rata
klasikal menjadi 85,15% kriteria sangat baik. Persentase hasil belajar siswa ranah
psikomotorik pada siklus I rata-rata klasikal yakni 65,30% kriteria baik, kemudian
meningkat pada siklus II rata-rata klasikal menjadi 84,10% kriteria baik. Persentase
ketuntasan hasil belajar aspek kognitif pada prasiklus yakni 68,20% kriteria baik, kemudian
setelah dilakukan penelitian siklus I menjadi 70,20% kriteria baik dan meningkat pada siklus
II menjadi 76,80% kriteria baik. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Snowball
Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi “Poklamasi Kemerdekaan
Indonesia kelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD
Muhammadiyah 1 Kudus dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Snowball Throwing
dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada materi “Proklamasi Kemerdekaan Indonesia” kelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus. |
id |
IOS3090.9444 |
institution |
Universitas Muria Kudus |
institution_id |
139 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus |
library_id |
630 |
collection |
Repositori Universitas Muria Kudus |
repository_id |
3090 |
subject_area |
Bahasa Ekonomi Hukum |
city |
KUDUS |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3090 |
first_indexed |
2019-05-05T14:27:02Z |
last_indexed |
2019-05-05T14:27:02Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765996284270870528 |
score |
17.13294 |