ctrlnum 9438
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9438/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANEXAMPLE NON EXAMPLE&#xD; UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPSPADA &#xD; SISWA KELAS V SD 4 PRAMBATAN KIDUL</title><creator>ANDRIYANTO, DEDI</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS SD 4 Prambatan Kidul setelah menerapkan model Example Non Example.&#xD; Model pembelajaran Example Non Example merupakan model yang menggunakan media gambar dalam penyampaian materi pembelajaran yang bertujuan mendorong siswa untuk berpikir kritis dengan jalan untuk memecahkan permasalahan yang terkandung dalam contoh-contoh gambar, yang terdiri dari tahap 1: mempersiapkan gambar, tahap 2: menempel gambar, tahap 3: menganalisis gambar, tahap 4: diskusi kelompok, tahap 5: presentasi, tahap 6: penjelasan materi, tahap 7: kesimpulan. Sedangkan hasil belajar IPS adalah hasil atau penilaian yang diterima oleh siswa dari proses pembelajaran IPS yang telah berlangsung dan diterima pada saat proses pembelajaran selesai dengan materi perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia bagi siswa kelas V SD 4 Prambatan Kidul.&#xD; Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 4 Prambatan Kidul dengan subjek penelitian guru dan 28 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Example Non Example. Sedangkan variabel terikat adalah pembelajaran yang terdiri dari keterampilan guru mengajar dan hasil belajar meliputi ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Example Non Example dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Pada siklus I keterampilan guru memperoleh skor rata-rata 72 dengan persentase 72% dengan kategori cukup dan pada siklus II nilai rata-rata menjadi 87,5 dengan persentase 87,5% dengan kategori baik. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75,54 dengan ketuntasan belajar klasikal 78,57% dan pada siklus II nilai rata-rata menjadi 79,82 dengan ketuntasan belajar klasikal 82,15%. &#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas V 4 Prambatan Kidul disimpulkan bahwa melalui model Example Non Example dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar IPS.</description><date>2018-11</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9438/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9438/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9438/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9438/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9438/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9438/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9438/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9438/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9438/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> ANDRIYANTO, DEDI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANEXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPSPADA SISWA KELAS V SD 4 PRAMBATAN KIDUL. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9438</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author ANDRIYANTO, DEDI
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANEXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPSPADA SISWA KELAS V SD 4 PRAMBATAN KIDUL
publishDate 2018
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/9438/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9438/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9438/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9438/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9438/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9438/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9438/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9438/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9438/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9438/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS SD 4 Prambatan Kidul setelah menerapkan model Example Non Example. Model pembelajaran Example Non Example merupakan model yang menggunakan media gambar dalam penyampaian materi pembelajaran yang bertujuan mendorong siswa untuk berpikir kritis dengan jalan untuk memecahkan permasalahan yang terkandung dalam contoh-contoh gambar, yang terdiri dari tahap 1: mempersiapkan gambar, tahap 2: menempel gambar, tahap 3: menganalisis gambar, tahap 4: diskusi kelompok, tahap 5: presentasi, tahap 6: penjelasan materi, tahap 7: kesimpulan. Sedangkan hasil belajar IPS adalah hasil atau penilaian yang diterima oleh siswa dari proses pembelajaran IPS yang telah berlangsung dan diterima pada saat proses pembelajaran selesai dengan materi perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia bagi siswa kelas V SD 4 Prambatan Kidul. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 4 Prambatan Kidul dengan subjek penelitian guru dan 28 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Example Non Example. Sedangkan variabel terikat adalah pembelajaran yang terdiri dari keterampilan guru mengajar dan hasil belajar meliputi ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Example Non Example dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Pada siklus I keterampilan guru memperoleh skor rata-rata 72 dengan persentase 72% dengan kategori cukup dan pada siklus II nilai rata-rata menjadi 87,5 dengan persentase 87,5% dengan kategori baik. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75,54 dengan ketuntasan belajar klasikal 78,57% dan pada siklus II nilai rata-rata menjadi 79,82 dengan ketuntasan belajar klasikal 82,15%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas V 4 Prambatan Kidul disimpulkan bahwa melalui model Example Non Example dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar IPS.
id IOS3090.9438
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-05-05T14:27:02Z
last_indexed 2019-05-05T14:27:02Z
recordtype dc
_version_ 1765996284243607552
score 17.13294