PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN PKn SDN BANDUNGREJO 1
Main Author: | Widya Pangestika, Ari |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/9436/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/9436/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9436/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9436/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9436/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9436/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9436/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9436/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/9436/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/9436/ http://eprints.umk.ac.id |
ctrlnum |
9436 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9436/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU 
MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN PKn
SDN BANDUNGREJO 1</title><creator>Widya Pangestika, Ari</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, ketrampilan guru dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model Numbered Head Together berbantuan Media Audio Visual pada mata pembelajaran PKn materi Globalisasi
Model Numbered Head Together pada dasarnya merupakan sebuah varian diskusi kelompok, ciri khasnya adalah setiap kelompok menggunakan nomer kepala. Cara ini untuk meningkatkan kerjasama semua siswa dan meningkatkan tanggung jawab individual dalam diskusi kelompok. Media Audio Visual merupakan media pembelajaran yang menggunakan gambar dan suara guna menginformasikan atau mendorong lahirnya respons emosional. Hasil dilihat dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik setelah mengikuti pembelajaran. Hipotesis yang di ajukan adalah hasil belajar PKn, ketrampilan mengajar guru dan aktivitas siswa maka diterapkannya model Numbered Head Together Berbantu Media Audio Visualpada siswa kelas IV SDN Bandungrejo 1 dapat meningkatkan hasil belajar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN Bandungrejo 1 dengan subjek penelitian 20 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus masing – masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variable bebas model Numbered Head Together berbantuan media Audio Visual, sedangkan variable terikatnya yaitu hasil belajar PKn materi globalisasi. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. 
Hasil penelitian menunjukan pembelajaran PKn melalui modelNumbered Head Together berbantuan media Audio Visual meningkat pada setiap siklusnya. Presentase ketrampilan guru pada siklus I dengan rata – rata klasikal 80,17% (baik), siklus II meningkat dengan rata – rata klasikal 84,91% (baik). Aktivitas siswa pada siklus I dengan rata – rata 75,88% (baik), siklus II meningkat dengan rata – rata klasikal 84,66% (baik). Hasil belajar afektif pada siklus I dengan rata – rata klasikal 67,5% (baik), siklus II meningkat dengan rata – rata klasikal 78,90% (baik). Psikomotorik pada siklus I dengan rata – rata klasikal 72,58% (baik), siklus II meningkat dengan rata – rata klasikal 80,68% (baik). Kognitif pada siklus I dengan rata – rata klasikal 68,18% (baik), siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal 95,00% (baik).
Berdasarkan hasil penelitian pada kelas V SDN Bandungrejo 1 Demak dapat disimpulkan bahwa model Numbered Head Together berbantuan media Audio Visual pada mata pembelajaran PKn dapat meningkat.. Peneliti menyarankan agar para guru menginovasikan model dan media pembelajaran.</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9436/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9436/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9436/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9436/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9436/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9436/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9436/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9436/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9436/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Widya Pangestika, Ari (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN PKn SDN BANDUNGREJO 1. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9436</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Widya Pangestika, Ari |
title |
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU
MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN PKn
SDN BANDUNGREJO 1 |
publishDate |
2018 |
topic |
Teori dan praktek pendidikan |
url |
http://eprints.umk.ac.id/9436/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/9436/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9436/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9436/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9436/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9436/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9436/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9436/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/9436/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/9436/ http://eprints.umk.ac.id |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, ketrampilan guru dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model Numbered Head Together berbantuan Media Audio Visual pada mata pembelajaran PKn materi Globalisasi
Model Numbered Head Together pada dasarnya merupakan sebuah varian diskusi kelompok, ciri khasnya adalah setiap kelompok menggunakan nomer kepala. Cara ini untuk meningkatkan kerjasama semua siswa dan meningkatkan tanggung jawab individual dalam diskusi kelompok. Media Audio Visual merupakan media pembelajaran yang menggunakan gambar dan suara guna menginformasikan atau mendorong lahirnya respons emosional. Hasil dilihat dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik setelah mengikuti pembelajaran. Hipotesis yang di ajukan adalah hasil belajar PKn, ketrampilan mengajar guru dan aktivitas siswa maka diterapkannya model Numbered Head Together Berbantu Media Audio Visualpada siswa kelas IV SDN Bandungrejo 1 dapat meningkatkan hasil belajar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN Bandungrejo 1 dengan subjek penelitian 20 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus masing – masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variable bebas model Numbered Head Together berbantuan media Audio Visual, sedangkan variable terikatnya yaitu hasil belajar PKn materi globalisasi. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan pembelajaran PKn melalui modelNumbered Head Together berbantuan media Audio Visual meningkat pada setiap siklusnya. Presentase ketrampilan guru pada siklus I dengan rata – rata klasikal 80,17% (baik), siklus II meningkat dengan rata – rata klasikal 84,91% (baik). Aktivitas siswa pada siklus I dengan rata – rata 75,88% (baik), siklus II meningkat dengan rata – rata klasikal 84,66% (baik). Hasil belajar afektif pada siklus I dengan rata – rata klasikal 67,5% (baik), siklus II meningkat dengan rata – rata klasikal 78,90% (baik). Psikomotorik pada siklus I dengan rata – rata klasikal 72,58% (baik), siklus II meningkat dengan rata – rata klasikal 80,68% (baik). Kognitif pada siklus I dengan rata – rata klasikal 68,18% (baik), siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal 95,00% (baik).
Berdasarkan hasil penelitian pada kelas V SDN Bandungrejo 1 Demak dapat disimpulkan bahwa model Numbered Head Together berbantuan media Audio Visual pada mata pembelajaran PKn dapat meningkat.. Peneliti menyarankan agar para guru menginovasikan model dan media pembelajaran. |
id |
IOS3090.9436 |
institution |
Universitas Muria Kudus |
institution_id |
139 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus |
library_id |
630 |
collection |
Repositori Universitas Muria Kudus |
repository_id |
3090 |
subject_area |
Bahasa Ekonomi Hukum |
city |
KUDUS |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3090 |
first_indexed |
2019-05-05T14:27:02Z |
last_indexed |
2019-05-05T14:27:02Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765996284235218944 |
score |
17.13294 |