ctrlnum 9436
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9436/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU &#xD; MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN PKn&#xD; SDN BANDUNGREJO 1</title><creator>Widya Pangestika, Ari</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, ketrampilan guru dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model Numbered Head Together berbantuan Media Audio Visual pada mata pembelajaran PKn materi Globalisasi&#xD; Model Numbered Head Together pada dasarnya merupakan sebuah varian diskusi kelompok, ciri khasnya adalah setiap kelompok menggunakan nomer kepala. Cara ini untuk meningkatkan kerjasama semua siswa dan meningkatkan tanggung jawab individual dalam diskusi kelompok. Media Audio Visual merupakan media pembelajaran yang menggunakan gambar dan suara guna menginformasikan atau mendorong lahirnya respons emosional. Hasil dilihat dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik setelah mengikuti pembelajaran. Hipotesis yang di ajukan adalah hasil belajar PKn, ketrampilan mengajar guru dan aktivitas siswa maka diterapkannya model Numbered Head Together Berbantu Media Audio Visualpada siswa kelas IV SDN Bandungrejo 1 dapat meningkatkan hasil belajar.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN Bandungrejo 1 dengan subjek penelitian 20 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus masing &#x2013; masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variable bebas model Numbered Head Together berbantuan media Audio Visual, sedangkan variable terikatnya yaitu hasil belajar PKn materi globalisasi. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. &#xD; Hasil penelitian menunjukan pembelajaran PKn melalui modelNumbered Head Together berbantuan media Audio Visual meningkat pada setiap siklusnya. Presentase ketrampilan guru pada siklus I dengan rata &#x2013; rata klasikal 80,17% (baik), siklus II meningkat dengan rata &#x2013; rata klasikal 84,91% (baik). Aktivitas siswa pada siklus I dengan rata &#x2013; rata 75,88% (baik), siklus II meningkat dengan rata &#x2013; rata klasikal 84,66% (baik). Hasil belajar afektif pada siklus I dengan rata &#x2013; rata klasikal 67,5% (baik), siklus II meningkat dengan rata &#x2013; rata klasikal 78,90% (baik). Psikomotorik pada siklus I dengan rata &#x2013; rata klasikal 72,58% (baik), siklus II meningkat dengan rata &#x2013; rata klasikal 80,68% (baik). Kognitif pada siklus I dengan rata &#x2013; rata klasikal 68,18% (baik), siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal 95,00% (baik).&#xD; Berdasarkan hasil penelitian pada kelas V SDN Bandungrejo 1 Demak dapat disimpulkan bahwa model Numbered Head Together berbantuan media Audio Visual pada mata pembelajaran PKn dapat meningkat.. Peneliti menyarankan agar para guru menginovasikan model dan media pembelajaran.</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9436/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9436/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9436/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9436/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9436/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9436/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9436/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9436/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9436/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Widya Pangestika, Ari (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN PKn SDN BANDUNGREJO 1. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9436</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Widya Pangestika, Ari
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN PKn SDN BANDUNGREJO 1
publishDate 2018
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/9436/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9436/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9436/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9436/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9436/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9436/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9436/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9436/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9436/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9436/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, ketrampilan guru dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model Numbered Head Together berbantuan Media Audio Visual pada mata pembelajaran PKn materi Globalisasi Model Numbered Head Together pada dasarnya merupakan sebuah varian diskusi kelompok, ciri khasnya adalah setiap kelompok menggunakan nomer kepala. Cara ini untuk meningkatkan kerjasama semua siswa dan meningkatkan tanggung jawab individual dalam diskusi kelompok. Media Audio Visual merupakan media pembelajaran yang menggunakan gambar dan suara guna menginformasikan atau mendorong lahirnya respons emosional. Hasil dilihat dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik setelah mengikuti pembelajaran. Hipotesis yang di ajukan adalah hasil belajar PKn, ketrampilan mengajar guru dan aktivitas siswa maka diterapkannya model Numbered Head Together Berbantu Media Audio Visualpada siswa kelas IV SDN Bandungrejo 1 dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN Bandungrejo 1 dengan subjek penelitian 20 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus masing – masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variable bebas model Numbered Head Together berbantuan media Audio Visual, sedangkan variable terikatnya yaitu hasil belajar PKn materi globalisasi. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran PKn melalui modelNumbered Head Together berbantuan media Audio Visual meningkat pada setiap siklusnya. Presentase ketrampilan guru pada siklus I dengan rata – rata klasikal 80,17% (baik), siklus II meningkat dengan rata – rata klasikal 84,91% (baik). Aktivitas siswa pada siklus I dengan rata – rata 75,88% (baik), siklus II meningkat dengan rata – rata klasikal 84,66% (baik). Hasil belajar afektif pada siklus I dengan rata – rata klasikal 67,5% (baik), siklus II meningkat dengan rata – rata klasikal 78,90% (baik). Psikomotorik pada siklus I dengan rata – rata klasikal 72,58% (baik), siklus II meningkat dengan rata – rata klasikal 80,68% (baik). Kognitif pada siklus I dengan rata – rata klasikal 68,18% (baik), siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal 95,00% (baik). Berdasarkan hasil penelitian pada kelas V SDN Bandungrejo 1 Demak dapat disimpulkan bahwa model Numbered Head Together berbantuan media Audio Visual pada mata pembelajaran PKn dapat meningkat.. Peneliti menyarankan agar para guru menginovasikan model dan media pembelajaran.
id IOS3090.9436
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-05-05T14:27:02Z
last_indexed 2019-05-05T14:27:02Z
recordtype dc
_version_ 1765996284235218944
score 17.13294