PENERAPAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA MAGIC OF TREE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SD 3 MEJOBO
Main Author: | SHINTANI, DISSA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/9430/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/9430/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9430/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9430/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9430/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9430/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9430/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9430/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/9430/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/9430/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan guru setelah diterapkan model Mind Mapping berbantuan media Magic Of Tree pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SD 3 Mejobo. Motivasi belajar siswa merupakan sesuatu hal yang menumbuhkan gairah dalam diri siswa serta menciptakan perasaan senang dan semangat untuk melakukan kegiatan belajar. Model Mind Mapping adalah suatu model yang digunakan untuk mengembangkan gagasan pikiran siswa serta menuangkan kreativitas siswa dalam membuat gambaran peta pikiran. Sedangkan media Magic Of Tree merupakan sebuah inovasi dari peta konsep dalam bentuk pohon bercabang banyak yang membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar. Materi dalam tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku muatan IPS dan PPKn adalah materi keragaman aktivitas ekonomi dan arti memahami keragaman tersebut di Indonesia. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan motivasi belajar melalui model Mind Mapping berbantuan media Magic Of Tree pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku siswa kelas IV SD 3 Mejobo. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD 3 Mejobo dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus yang menggunakan desain PTK dari Kemmis dan Mc. Teggart. Tahapan pada penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Mind Mapping, sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar siswa. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Mind Mapping berbantuan media Magic Of Tree dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan keterampilan guru. Hal ini dapat dilihat dari motivasi belajar siswa pada siklus I diperoleh 62% (baik), meningkat pada siklus II dengan hasil sebesar 83% (sangat baik). Keterampilan guru pada siklus I memperoleh persentase 70% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 91% (sangat baik). Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Mind Mapping berbantuan media Magic Of Tree mampu meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV serta keterampilan guru SD 3 Mejobo Kudus. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model dan media pembelajaran yang inovatif. Bagi siswa hendaknya lebih meningkatkan motivasi belajarnya. Bagi sekolah hendaknya melakukan sosialisasi kepada guru-guru mengenai model pembelajaran Mind Mapping.