ctrlnum 9424
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9424/</relation><title>PENERAPAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA&#xD; POSTER UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS &#xD; SISWA KELAS V SD 1 MEGAWON KUDUS</title><creator>CHANIFAH MUBAROKAH, SITI</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan model pembelajaranMind Mapping berbantuan Media Postermateri perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan.&#xD; Model pembelajaranMind Mapping merupakan model pembelajaran yang digunakan untuk membentuk, menvisualisasi, mendesain, mencatat, serta mengklarifikasi topik utama, sehingga siswa bisa mengerjakan tugas-tugas yang materinya tergolong banyak. Hasil belajar merupakan suatu perubahan dan pembentukan tingkah laku seseorang siswa baik dalam ranah kognitif, psikomotor dan afektif sebagai hasil dari kegiatan belajar.&#xD; Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Megawon Kudus dengan subjek penelitian 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media poster sedangkan untuk variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS melalui penerapan model Mind Mapping berbantuan media poster meningkat setiap siklusnya. Persentase keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I yakni 75% (baik), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 88,75% (sangat baik). Persentase hasil belajar ranah afektif pada siklus I yakni 65,56% (baik), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 80,92% (baik). Persentase hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I yakni 70,14% (baik), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 84,16% (amat baik). Persentase hasil belajar ranah kognitif pada prasiklus yakni 41,37% (kurang), kemudian setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas pada siklus I meningkat menjadi 68,96% (baik), dan pada siklus II meningkat dengan persentase klasikal 86,21% (sangat baik).&#xD; Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas V SD 1 Megawon Kudus dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Mind Mapping berbantuan media poster dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa.</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9424/1/HALAMAN%20SAMPUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9424/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9424/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9424/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9424/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9424/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9424/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9424/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9424/9/LAMPIRAN%20FIKS.pdf</identifier><identifier> CHANIFAH MUBAROKAH, SITI (2018) PENERAPAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA POSTER UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD 1 MEGAWON KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9424</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author CHANIFAH MUBAROKAH, SITI
title PENERAPAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA POSTER UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD 1 MEGAWON KUDUS
publishDate 2018
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/9424/1/HALAMAN%20SAMPUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9424/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9424/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9424/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9424/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9424/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9424/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9424/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9424/9/LAMPIRAN%20FIKS.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9424/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan model pembelajaranMind Mapping berbantuan Media Postermateri perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan. Model pembelajaranMind Mapping merupakan model pembelajaran yang digunakan untuk membentuk, menvisualisasi, mendesain, mencatat, serta mengklarifikasi topik utama, sehingga siswa bisa mengerjakan tugas-tugas yang materinya tergolong banyak. Hasil belajar merupakan suatu perubahan dan pembentukan tingkah laku seseorang siswa baik dalam ranah kognitif, psikomotor dan afektif sebagai hasil dari kegiatan belajar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Megawon Kudus dengan subjek penelitian 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media poster sedangkan untuk variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS melalui penerapan model Mind Mapping berbantuan media poster meningkat setiap siklusnya. Persentase keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I yakni 75% (baik), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 88,75% (sangat baik). Persentase hasil belajar ranah afektif pada siklus I yakni 65,56% (baik), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 80,92% (baik). Persentase hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I yakni 70,14% (baik), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 84,16% (amat baik). Persentase hasil belajar ranah kognitif pada prasiklus yakni 41,37% (kurang), kemudian setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas pada siklus I meningkat menjadi 68,96% (baik), dan pada siklus II meningkat dengan persentase klasikal 86,21% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas V SD 1 Megawon Kudus dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Mind Mapping berbantuan media poster dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa.
id IOS3090.9424
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-05-05T14:27:02Z
last_indexed 2019-05-05T14:27:02Z
recordtype dc
_version_ 1765996284178595840
score 17.13294