PENERAPAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA POSTER UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD 1 MEGAWON KUDUS
Main Author: | CHANIFAH MUBAROKAH, SITI |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/9424/1/HALAMAN%20SAMPUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/9424/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9424/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9424/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9424/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9424/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9424/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9424/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/9424/9/LAMPIRAN%20FIKS.pdf http://eprints.umk.ac.id/9424/ http://eprints.umk.ac.id |
ctrlnum |
9424 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9424/</relation><title>PENERAPAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA
POSTER UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS 
SISWA KELAS V SD 1 MEGAWON KUDUS</title><creator>CHANIFAH MUBAROKAH, SITI</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan model pembelajaranMind Mapping berbantuan Media Postermateri perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan.
Model pembelajaranMind Mapping merupakan model pembelajaran yang digunakan untuk membentuk, menvisualisasi, mendesain, mencatat, serta mengklarifikasi topik utama, sehingga siswa bisa mengerjakan tugas-tugas yang materinya tergolong banyak. Hasil belajar merupakan suatu perubahan dan pembentukan tingkah laku seseorang siswa baik dalam ranah kognitif, psikomotor dan afektif sebagai hasil dari kegiatan belajar.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Megawon Kudus dengan subjek penelitian 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media poster sedangkan untuk variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS melalui penerapan model Mind Mapping berbantuan media poster meningkat setiap siklusnya. Persentase keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I yakni 75% (baik), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 88,75% (sangat baik). Persentase hasil belajar ranah afektif pada siklus I yakni 65,56% (baik), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 80,92% (baik). Persentase hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I yakni 70,14% (baik), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 84,16% (amat baik). Persentase hasil belajar ranah kognitif pada prasiklus yakni 41,37% (kurang), kemudian setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas pada siklus I meningkat menjadi 68,96% (baik), dan pada siklus II meningkat dengan persentase klasikal 86,21% (sangat baik).
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas V SD 1 Megawon Kudus dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Mind Mapping berbantuan media poster dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa.</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9424/1/HALAMAN%20SAMPUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9424/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9424/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9424/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9424/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9424/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9424/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9424/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9424/9/LAMPIRAN%20FIKS.pdf</identifier><identifier> CHANIFAH MUBAROKAH, SITI (2018) PENERAPAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA POSTER UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD 1 MEGAWON KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9424</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
CHANIFAH MUBAROKAH, SITI |
title |
PENERAPAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA
POSTER UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS
SISWA KELAS V SD 1 MEGAWON KUDUS |
publishDate |
2018 |
topic |
Teori dan praktek pendidikan |
url |
http://eprints.umk.ac.id/9424/1/HALAMAN%20SAMPUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/9424/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9424/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9424/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9424/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9424/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9424/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9424/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/9424/9/LAMPIRAN%20FIKS.pdf http://eprints.umk.ac.id/9424/ http://eprints.umk.ac.id |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan model pembelajaranMind Mapping berbantuan Media Postermateri perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan.
Model pembelajaranMind Mapping merupakan model pembelajaran yang digunakan untuk membentuk, menvisualisasi, mendesain, mencatat, serta mengklarifikasi topik utama, sehingga siswa bisa mengerjakan tugas-tugas yang materinya tergolong banyak. Hasil belajar merupakan suatu perubahan dan pembentukan tingkah laku seseorang siswa baik dalam ranah kognitif, psikomotor dan afektif sebagai hasil dari kegiatan belajar.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Megawon Kudus dengan subjek penelitian 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media poster sedangkan untuk variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS melalui penerapan model Mind Mapping berbantuan media poster meningkat setiap siklusnya. Persentase keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I yakni 75% (baik), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 88,75% (sangat baik). Persentase hasil belajar ranah afektif pada siklus I yakni 65,56% (baik), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 80,92% (baik). Persentase hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I yakni 70,14% (baik), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 84,16% (amat baik). Persentase hasil belajar ranah kognitif pada prasiklus yakni 41,37% (kurang), kemudian setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas pada siklus I meningkat menjadi 68,96% (baik), dan pada siklus II meningkat dengan persentase klasikal 86,21% (sangat baik).
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas V SD 1 Megawon Kudus dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Mind Mapping berbantuan media poster dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa. |
id |
IOS3090.9424 |
institution |
Universitas Muria Kudus |
institution_id |
139 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus |
library_id |
630 |
collection |
Repositori Universitas Muria Kudus |
repository_id |
3090 |
subject_area |
Bahasa Ekonomi Hukum |
city |
KUDUS |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3090 |
first_indexed |
2019-05-05T14:27:02Z |
last_indexed |
2019-05-05T14:27:02Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765996284178595840 |
score |
17.13294 |