PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN BANYUURIP
Main Author: | NUR FIANTI, KHOLIF |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/9410/1/Hal.%20Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/9410/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9410/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9410/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9410/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9410/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9410/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9410/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/9410/9/Lampiran.pdf http://eprints.umk.ac.id/9410/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu permainan ular tangga pada kelas V SDN Banyuurip, (2) medeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu permainan ular tangga pada kelas V SDN Banyuurip. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model PTK Kemmis dan M.C Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Adapun tahapan-tahapan PTK pada masing-masing siklus yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian tindakan kelas ini akan dilasanakan di kelas V SDN Banyuurip dengan subjek penelitian guru kelas V dan siswa kelas V yang berjumlah 22siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu permainan ular tangga pada pembelajaran IPS SDN Banyuurip memperoleh hasil antara lain: (1) Hasil observasi keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh presentase sebesar 74,05% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan presentase 85,05%.(2) Hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I mencapai presentase 45,46% meningkat pada siklus II sebesar 77,27%. (3) hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I memperoleh presentase 71,68% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 84,37%. (4) hasil belajar siswa ranah psikomotor pada siklus I memperoleh presentase 70,83% dan meningkat pada siklus II sebesar 84,28%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SDN Banyuurip dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu permainan ular tangga dalam mata pelajaran IPS pada materi menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru,dan hasil belajar siswa. Peneliti menberikan saran agar guru sebaiknya menginovasi model-model pembelajaran agar siswa lebih semangat dalam belajar, dan kepada pihak sekolah sebaiknya memberikan dukungan dan kesempatan kepada guru dengan mengadakan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menguasai metode atau model pembelajaran yang inovatif sehingga mata pelajaran IPS dapat dilaksanakan dengan menyenangkan.