ctrlnum 9404
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9404/</relation><title>PENINGKATAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD 1 BAKALAN KRAPYAK KUDUS MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA BLOK PECAHAN</title><creator>ROUFAH, SITI</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model role playing berbantuan media blok pecahan untuk meningkatkan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD 1 Bakalan Krapyak Kudus materi pecahan. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dan keterampilan guru setelah diterapkannya model role playing berbantuan media blok pecahan.&#xD; Pemecahan masalah matematika merupakan kemampuan siswa dalam mencari jalan keluar atau ide berkenaan dengan tujuan yang ingin dicapai serta dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Role playing merupakan model pembelajaran dengan cara pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa agar dapat menguasai bahan-bahan pelajaran yang diajarkan. Media blok pecahan merupakan media yang digunakan untuk menjelaskan konsep materi pecahan yang terdiri dari lingkaran utuh dan juring-juring. Pecahan dapat diartikan sebagai bagian dari sesuatu yang utuh. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatatan pemecahan masalah matematika, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran matematika materi pecahan melalui penerapan model role playing berbantuan media blok pecahan kelas V di SD 1 Bakalan Krapyak Kudus. &#xD; Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Bakalan Krapyak Kudus dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran role playing berbantuan media blok pecahan. Sedangkan variabel terikat adalah pemecahan masalah matematika, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif.&#xD; Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing berbantuan media blok pecahan pada materi pecahan dapat meningkatkan pemecahan masalah matematika, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siklus I sebesar 74 dan siklus II sebesar 83,4. Sedangkan rata-rata nilai keterampilan pemecahan masalah siklus I sebesar 71,4% dan siklus II sebesar 77,5%. Sedangkan persentase ketuntasan klasikal kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I (63,6%) dan meningkat pada siklus II (81,8%). Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I (74%) dan meningkat pada siklus II (83%). Sedangkan persentase keterampilan mengajar guru pada siklus I (72%) dan meningkat pada siklus II (86%).&#xD; Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing berbantuan media blok pecahan dapat meningkatkan pemecahan masalah matematika, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran matematika materi pecahan siswa kelas V SD 1 Bakalan Krapyak Kudus. Sedangkan saran yang dapat peneliti berikan yaitu model pembelajaran role playing berbantuan media blok pecahan dapat diterapkan pada materi berbeda.</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9404/1/Halaman%20Judul.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9404/2/Bab%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9404/3/Bab%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9404/4/Bab%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9404/5/Bab%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9404/6/Bab%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9404/7/Bab%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9404/8/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9404/9/Lampiran.pdf</identifier><identifier> ROUFAH, SITI (2018) PENINGKATAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD 1 BAKALAN KRAPYAK KUDUS MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA BLOK PECAHAN. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9404</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author ROUFAH, SITI
title PENINGKATAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD 1 BAKALAN KRAPYAK KUDUS MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA BLOK PECAHAN
publishDate 2018
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/9404/1/Halaman%20Judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9404/2/Bab%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9404/3/Bab%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9404/4/Bab%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9404/5/Bab%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9404/6/Bab%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9404/7/Bab%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9404/8/Daftar%20Pustaka.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9404/9/Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9404/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model role playing berbantuan media blok pecahan untuk meningkatkan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD 1 Bakalan Krapyak Kudus materi pecahan. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dan keterampilan guru setelah diterapkannya model role playing berbantuan media blok pecahan. Pemecahan masalah matematika merupakan kemampuan siswa dalam mencari jalan keluar atau ide berkenaan dengan tujuan yang ingin dicapai serta dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Role playing merupakan model pembelajaran dengan cara pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa agar dapat menguasai bahan-bahan pelajaran yang diajarkan. Media blok pecahan merupakan media yang digunakan untuk menjelaskan konsep materi pecahan yang terdiri dari lingkaran utuh dan juring-juring. Pecahan dapat diartikan sebagai bagian dari sesuatu yang utuh. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatatan pemecahan masalah matematika, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran matematika materi pecahan melalui penerapan model role playing berbantuan media blok pecahan kelas V di SD 1 Bakalan Krapyak Kudus. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Bakalan Krapyak Kudus dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran role playing berbantuan media blok pecahan. Sedangkan variabel terikat adalah pemecahan masalah matematika, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing berbantuan media blok pecahan pada materi pecahan dapat meningkatkan pemecahan masalah matematika, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siklus I sebesar 74 dan siklus II sebesar 83,4. Sedangkan rata-rata nilai keterampilan pemecahan masalah siklus I sebesar 71,4% dan siklus II sebesar 77,5%. Sedangkan persentase ketuntasan klasikal kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I (63,6%) dan meningkat pada siklus II (81,8%). Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I (74%) dan meningkat pada siklus II (83%). Sedangkan persentase keterampilan mengajar guru pada siklus I (72%) dan meningkat pada siklus II (86%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing berbantuan media blok pecahan dapat meningkatkan pemecahan masalah matematika, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran matematika materi pecahan siswa kelas V SD 1 Bakalan Krapyak Kudus. Sedangkan saran yang dapat peneliti berikan yaitu model pembelajaran role playing berbantuan media blok pecahan dapat diterapkan pada materi berbeda.
id IOS3090.9404
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-05-05T14:27:02Z
last_indexed 2019-05-05T14:27:02Z
recordtype dc
_version_ 1765996284096806912
score 17.13294