ctrlnum 9400
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9400/</relation><title>PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL INKUIRI&#xD; BERBANTUAN MEDIA VISUAL &#x201C;PAJEL INDONESIA&#x201D;&#xD; TEMA 5 SUBTEMA SIKAP KEPAHLAWANAN&#xD; KELAS IV SD 1 UNDAAN TENGAH</title><creator>YUNI RAHMATIKA, ANNISA</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa melalui model Inkuiri berbantuan media visual Pajel Indonesia tema 5 subtema Sikap Kepahlawanan kelas IV SD 1 Undaan Tengah.&#xD; Aktivitas belajar merupakan suatu proses pembelajaran yang dilakukan siswa, yang menimbulkan perubahan-perubahan dalam kecakapan. Salah satu perubahannya siswa dapat berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis merupakan kemampuan siswa untuk menganalisis, menyeleksi, memecahkan masalah, membuat kesimpulan dan membuat permasalahan serta evaluasi. Agar keterampilan berpikir siswa meningkat perlu adanya model pembelajaran, salah satunya yaitu model Inkuiri. Model Inkuiri merupakan model pembelajaran yang menekankan siswa untuk menemukan konsep secara mandiri melalui serangkaian prosedur pemecahan masalah. Pada penelitian ini menggunakan media visual Pajel Indonesia. Media visual Pajel Indonesia merupakan media papan jelajah yang berisi peta geografis Indonesia yang membantu siswa terlibat langsung melalui kegiatan penemuan terhadap sebuah permasalahan yang disajikan. Materi dalam subtema Sikap Kepahlawanan muatan IPS dan Bahasa Indonesia yang dikaji dalam penelitian ini adalah materi sikap kepahlawanan dari pahlawan nasional dan raja-raja pada masa kerajaan Islam. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan aktivitas belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa melalui model Inkuiri berbantuan media visual Pajel Indonesia tema 5 subtema Sikap Kepahlawanan kelas IV SD 1 Undaan Tengah.&#xD; Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Undaan Tengah dengan subjek penelitian 19 siswa. Penelitian ini berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model Inkuiri dan media visual Pajel Indonesia, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah aktivitas belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode pengumpulan data meliputi teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif.&#xD; Hasil penelitian ini terdapat peningkatan terhadap aktivitas belajar pada siklus I dengan persentase 63,15% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II dengan persentase 70% dengan kriteria baik. Nilai keterampilan berpikir kritis siswa subtema Sikap Kepahlawanan mengalami peningkatan pada siklus I dengan persentase ketuntasan 63,15% dengan kategori baik meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan 89,47% dengan kategori sangat baik.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Undaan Tengah dapat disimpulkan bahwa penerapan model Inkuiri berbantuan media visual Pajel Indonesia dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada tema 5 subtema Sikap Kepahlawanan kelas IV SD 1 Undaan Tengah. Peneliti memberikan saran agar model Inkuiri dapat diterapkan dalam pembelajaran dan dikembangkan dengan penggunaan alat peraga yang sesuai dengan materi sehingga siswa dapat menyerap materi dengan mudah.</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9400/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9400/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9400/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9400/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9400/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9400/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9400/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9400/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9400/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> YUNI RAHMATIKA, ANNISA (2018) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL INKUIRI BERBANTUAN MEDIA VISUAL &#x201C;PAJEL INDONESIA&#x201D; TEMA 5 SUBTEMA SIKAP KEPAHLAWANAN KELAS IV SD 1 UNDAAN TENGAH. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9400</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author YUNI RAHMATIKA, ANNISA
title PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL INKUIRI BERBANTUAN MEDIA VISUAL “PAJEL INDONESIA” TEMA 5 SUBTEMA SIKAP KEPAHLAWANAN KELAS IV SD 1 UNDAAN TENGAH
publishDate 2018
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/9400/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9400/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9400/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9400/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9400/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9400/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9400/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9400/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9400/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9400/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa melalui model Inkuiri berbantuan media visual Pajel Indonesia tema 5 subtema Sikap Kepahlawanan kelas IV SD 1 Undaan Tengah. Aktivitas belajar merupakan suatu proses pembelajaran yang dilakukan siswa, yang menimbulkan perubahan-perubahan dalam kecakapan. Salah satu perubahannya siswa dapat berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis merupakan kemampuan siswa untuk menganalisis, menyeleksi, memecahkan masalah, membuat kesimpulan dan membuat permasalahan serta evaluasi. Agar keterampilan berpikir siswa meningkat perlu adanya model pembelajaran, salah satunya yaitu model Inkuiri. Model Inkuiri merupakan model pembelajaran yang menekankan siswa untuk menemukan konsep secara mandiri melalui serangkaian prosedur pemecahan masalah. Pada penelitian ini menggunakan media visual Pajel Indonesia. Media visual Pajel Indonesia merupakan media papan jelajah yang berisi peta geografis Indonesia yang membantu siswa terlibat langsung melalui kegiatan penemuan terhadap sebuah permasalahan yang disajikan. Materi dalam subtema Sikap Kepahlawanan muatan IPS dan Bahasa Indonesia yang dikaji dalam penelitian ini adalah materi sikap kepahlawanan dari pahlawan nasional dan raja-raja pada masa kerajaan Islam. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan aktivitas belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa melalui model Inkuiri berbantuan media visual Pajel Indonesia tema 5 subtema Sikap Kepahlawanan kelas IV SD 1 Undaan Tengah. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Undaan Tengah dengan subjek penelitian 19 siswa. Penelitian ini berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model Inkuiri dan media visual Pajel Indonesia, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah aktivitas belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode pengumpulan data meliputi teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan terhadap aktivitas belajar pada siklus I dengan persentase 63,15% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II dengan persentase 70% dengan kriteria baik. Nilai keterampilan berpikir kritis siswa subtema Sikap Kepahlawanan mengalami peningkatan pada siklus I dengan persentase ketuntasan 63,15% dengan kategori baik meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan 89,47% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Undaan Tengah dapat disimpulkan bahwa penerapan model Inkuiri berbantuan media visual Pajel Indonesia dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada tema 5 subtema Sikap Kepahlawanan kelas IV SD 1 Undaan Tengah. Peneliti memberikan saran agar model Inkuiri dapat diterapkan dalam pembelajaran dan dikembangkan dengan penggunaan alat peraga yang sesuai dengan materi sehingga siswa dapat menyerap materi dengan mudah.
id IOS3090.9400
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-05-05T14:27:02Z
last_indexed 2019-05-05T14:27:02Z
recordtype dc
_version_ 1765996284075835392
score 17.13294