ctrlnum 9381
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9381/</relation><title>PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN PROBLEM POSING BERBANTUAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK MATERI &#xD; JARING-JARING KUBUS DAN BALOK &#xD; DI SDN 6 PECANGAAN JEPARA</title><creator>DAROJA SIWI, IZZA</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar, dan mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan Problem Posing berbantuan permaianan tradisional engklek pada mata pelajaran matematika materi jaring-jaring kubus dan balok. &#xD; Peningkatan pemahaman konsep matematis siswa dapat dimunculkan terhadap siswa melalui Problem Posing berbantuan permainan tradisonal engklek. Problem Posing merupakan model pembelajaran dimana siswa diminta untuk mengajukan suatu masalah. Dalam model ini, siswa dihadapkan pada suatu masalah, merumuskan suatu masalah, dan mempresentasikan suatu masalah, serta melakukan tindak lanjut. Permainan tradisional engklek merupakan permainan lompat-lompatan pada bidang datar yang telah diberi garis pola kotak-kotak, pola pola tersebut dapat dirangkai menjadi bangun ruang kubus dan balok.&#xD; Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD N 6 Pecangaan Jepara dengan subjek penelitian 23 siswa dan guru yang berlangsung selama 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah ketrampilan guru, aktivitas belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematis, sedangkan variabel bebasnya adalah model Problem Posing berbatuan media permainan tradisional engklek. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan pemahaman konsep matematis siswa prasiklus sebesar 13,05% meningkat pada siklus I sebesar 65,21% dan pada siklus II sebesar 91,30%. Sedangkan pada aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 2,65 meningkat pada siklus II sebesar 3,26. Pada keterampilan guru pada siklus I sebesar 3,05 meningkat pada siklus II sebesar 3,4 Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model Problem Posing dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa, aktivitas siswa, dan keterampilan mengajar guru pada mata pelajaran matematika kelas IV SD N 6 Pecangaan Jepara. &#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada kelas IV SD N 6 Pecangaan dapat disimpulkan bahwa penerapan Problem Posing berbantuan permainan tradisional engklek dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa, aktivitas belajar, dan keterampilan guru pada mata pelajaran matematika mater jaring-jaring kubus dan balok siswa kelas IV SD N 6 Pecangaan. Saran dalam penelitian ini hendaknya guru dapat menerapkan model Problem Posing berbantuan permainan tradisional engklek menjadi menarik sehingga siswa dapat memahami konsep jaring-jaring kubus dan balok.</description><date>2018</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9381/1/COVER.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9381/2/BAB%201%20.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9381/3/BAB%202.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9381/4/BAB%203.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9381/5/BAB%204.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9381/6/BAB%205.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9381/7/BAB%206.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9381/8/daftar%20pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9381/9/Lampiran%20.pdf</identifier><identifier> DAROJA SIWI, IZZA (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN PROBLEM POSING BERBANTUAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK MATERI JARING-JARING KUBUS DAN BALOK DI SDN 6 PECANGAAN JEPARA. Skripsi Sarjana thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9381</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author DAROJA SIWI, IZZA
title PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN PROBLEM POSING BERBANTUAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK MATERI JARING-JARING KUBUS DAN BALOK DI SDN 6 PECANGAAN JEPARA
publishDate 2018
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/9381/1/COVER.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9381/2/BAB%201%20.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9381/3/BAB%202.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9381/4/BAB%203.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9381/5/BAB%204.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9381/6/BAB%205.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9381/7/BAB%206.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9381/8/daftar%20pustaka.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9381/9/Lampiran%20.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9381/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar, dan mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan Problem Posing berbantuan permaianan tradisional engklek pada mata pelajaran matematika materi jaring-jaring kubus dan balok. Peningkatan pemahaman konsep matematis siswa dapat dimunculkan terhadap siswa melalui Problem Posing berbantuan permainan tradisonal engklek. Problem Posing merupakan model pembelajaran dimana siswa diminta untuk mengajukan suatu masalah. Dalam model ini, siswa dihadapkan pada suatu masalah, merumuskan suatu masalah, dan mempresentasikan suatu masalah, serta melakukan tindak lanjut. Permainan tradisional engklek merupakan permainan lompat-lompatan pada bidang datar yang telah diberi garis pola kotak-kotak, pola pola tersebut dapat dirangkai menjadi bangun ruang kubus dan balok. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD N 6 Pecangaan Jepara dengan subjek penelitian 23 siswa dan guru yang berlangsung selama 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah ketrampilan guru, aktivitas belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematis, sedangkan variabel bebasnya adalah model Problem Posing berbatuan media permainan tradisional engklek. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan pemahaman konsep matematis siswa prasiklus sebesar 13,05% meningkat pada siklus I sebesar 65,21% dan pada siklus II sebesar 91,30%. Sedangkan pada aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 2,65 meningkat pada siklus II sebesar 3,26. Pada keterampilan guru pada siklus I sebesar 3,05 meningkat pada siklus II sebesar 3,4 Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model Problem Posing dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa, aktivitas siswa, dan keterampilan mengajar guru pada mata pelajaran matematika kelas IV SD N 6 Pecangaan Jepara. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada kelas IV SD N 6 Pecangaan dapat disimpulkan bahwa penerapan Problem Posing berbantuan permainan tradisional engklek dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa, aktivitas belajar, dan keterampilan guru pada mata pelajaran matematika mater jaring-jaring kubus dan balok siswa kelas IV SD N 6 Pecangaan. Saran dalam penelitian ini hendaknya guru dapat menerapkan model Problem Posing berbantuan permainan tradisional engklek menjadi menarik sehingga siswa dapat memahami konsep jaring-jaring kubus dan balok.
id IOS3090.9381
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-05-05T14:27:02Z
last_indexed 2019-05-05T14:27:02Z
recordtype dc
_version_ 1765996284011872256
score 17.13294