PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA MUSIKALISASI PUISI PADA SISWAKELAS V SD 3 JEPANG
Main Author: | NI’MAH, KHOIRUN |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/9372/1/Hal.%20judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/9372/2/Bab%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9372/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9372/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9372/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9372/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9372/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9372/8/Daftar%20Pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/9372/9/LAMPIRAN%20.pdf http://eprints.umk.ac.id/9372/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran demonstrasi berbantuan media musikalisasi puisi dan menemukan peningkatan keterampilan guru, siswa, dan keterampilan membaca puisi padasiswakelas V SD 3 Jepang. Penelitian tindakan kelas akan dilaksanakan di kelas V SD 3 Jepang dengan subjek penelitian 21 siswa. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing tiap siklus adalah dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode demonstrasi dan media musikalisasi puisi, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa materi membaca puisi pada siswa kelas V SD 3 Jepang. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi. Validitas isi utamanya ditentukan atau dasar pertimbangan dari pakar (expert judgement). Hasilpenelitianterdapatpeningkatanketuntasannilaiketerampilan membaca puisi siswa yang cukupsignifikanantarasiklus I (67%), dansiklus II (90%), didukungdenganpeningkatanaktivitasbelajarsiswapadasiklus I (79%), menjadi (86%) padasiklus II. Pengelolaanpembelajaranketerampilan membaca puisi menggunakan metode demonstrasi berbantuan media musikalisasi puisi juga mengalamipeningkatanpadasiklus I (67%), menjadi (86%) padasiklus II.Hal itumembuktikanbahwapenggunaan metode demonstrasi berbantuan media musikalisasi puisi dapatmeningkatkanketerampilan membaca siswapadamateri membaca puisi kelas V SD 3 Jepang. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas yang dilakukanpadakelas V SD 3 Jepang dapatdisimpulkanbahwapenggunaan metode demonstrasi berbantuan media musikalisasi puisi dapatmeningkatkanketerampilan membaca siswapadamateri membaca puisi kelas V SD 3 Jepang.