Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar ranah kognitif, afektif, psikomotor pada materi persiapan kemerdekaan Indonesia pada kelas V SD 3 Ngembalrejo Kudus. Hasil belajar merupakan hasil yang berupa kemampuan ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Keterampilan mengajar guru merupakan cara mengajar yang harus dimiliki oleh seorang guru. Mind Mapping merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang mengajak siswa untuk aktif belajar dan berkelompok untu membuat peta pikiran. Media flashcard merupakan salah satu media yang berbentuk kartu bergambar. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran Mind Mapping berbantu media Flashcard diduga dapat meningkatkan hasil belajar IPS ranah kognitif, afektif, psikomotor pada siswa kelas V SD 3 Ngembalrejo Kudus dan Penerapan model pembelajaran Mind Mapping berbantu media Flashcard diduga dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru pada mata pelajaran IPS kelas V SD 3 Ngembalrejo Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) desain dari Kemmis dan Mc.Taggart yang dilakukan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri dari atas 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD 3 Ngembalrejo Kudus yang berjumlah 14 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Instrument yang digunakan berupa lembar pengamatan afektif, lembar pengamatan psikomotor, tes uraian, dan lembar pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran IPS melalui model Mind Mapping berbantu media Flashcard meningkat disetiap siklus. Persententase keterampilan mengajar guru siklus I 64% dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 79% dengan kriteria baik. Pada aspek afektif siklus I 53% dengan kriteria kurang dan meningkat pada siklus II 80% dengan kriteria baik. Aspek psikomotor siklus I 43,12% dengan kriteria kurang dan meningkat pada siklus II 79% dengan kriteria baik. Ranah kognitif pada pra siklus 43% dengan kriteria kurang kemudian setelah dilakukan penelitian siklus I menjadi 71% dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II menjadi 86% dengan kriteria sangat baik. Simpulan pada penelitian ini yaitu dengan diterapkannya model pembelajaran Mind Mapping berbantu media Flashcard pada mata pelajaran IPS, keterampilan guru dapat meningkat. Peneliti menyarankan agar siswa lebih meningkatkan semangat dalam mengikuti pembelajaran. Guru hendaknya dapat menginovasikan model pembelajaran.sedangkan kepala sekolah hendaknya memberikan kesempatan kepada guru untuk mengadakan pelatihan dalam melaksanakan pembelajaran yang baik dan inovatif.