PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD 2 TERBAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KERANG AJAIB
Main Author: | LESTIYANI PUTRI, EVY |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/9359/1/HAL%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/9359/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9359/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9359/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9359/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9359/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9359/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9359/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/9359/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/9359/ http://eprints.umk.ac.id |
ctrlnum |
9359 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9359/</relation><title>PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA 
SISWA KELAS IV SD 2 TERBAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KERANG AJAIB</title><creator>LESTIYANI PUTRI, EVY</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model discovery learning berbantuan media kerang ajaib untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan aktivitas belajar siswa kelas IV SD 2 Terban pada materi bilangan bulat.
Penelitiantindakankelas(PTK)dilaksanakandikelasIVSD 2 Terbandengansubjek penelitian 26siswa dan peneliti sebagai guru.Penelitianberlangsung selamaduasiklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapanyaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas padapenelitian ini adalah modeldiscovery learningberbantuan kerang ajaib,sedangkanvariabelterikat adalah pemahaman konsep matematika, keterampilan guru mengajar dan aktivitas belajar siswa. Teknikanalisisdatayang digunakan dalam penelitian iniyaknianalisisdatakuantitatif dan kualitatif.
Hasiltespemahamankonsepyang menunjukkanadanyapeningkatandari siklusI denganskorrata-rata69,11(ketuntasanklasikal65,38%) kesiklusII meningkatmenjadi75(ketuntasanklasikal85%).Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran padasiklusImendapatkan skor rata-rata 72denganpredikat cukupbaikdan meningkat padasiklusIImenjadi 83dengan predikat baik.Aktivitas belajarsiswa padasiklus Iskorrata-rata67denganpredikat cukup baikmeningkatpadasiklus II menjadi 85dengan predikat baik. 
Simpulandarihasilpenelitian,bahwa penerapanmodeldiscoverylearning berbantuanmedia kerang ajaibdapatmeningkatkanpemahaman konsepsiswa, keterampilan guru mengajar, dan aktivitas belajar siswakelasIV SD 2 Terban. Guru sebaiknya menerapkan model pembelajaran discovery learningpada mata pelajaran matematika, agar siswa mampu menemukan konsep sendiri dengan melakukan percobaan pada saat pembelajaran.</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9359/1/HAL%20JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9359/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9359/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9359/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9359/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9359/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9359/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9359/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9359/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> LESTIYANI PUTRI, EVY (2018) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD 2 TERBAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KERANG AJAIB. Skripsi Sarjana thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9359</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
LESTIYANI PUTRI, EVY |
title |
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA
SISWA KELAS IV SD 2 TERBAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KERANG AJAIB |
publishDate |
2018 |
topic |
Teori dan praktek pendidikan |
url |
http://eprints.umk.ac.id/9359/1/HAL%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/9359/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9359/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9359/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9359/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9359/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9359/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9359/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/9359/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/9359/ http://eprints.umk.ac.id |
contents |
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model discovery learning berbantuan media kerang ajaib untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan aktivitas belajar siswa kelas IV SD 2 Terban pada materi bilangan bulat.
Penelitiantindakankelas(PTK)dilaksanakandikelasIVSD 2 Terbandengansubjek penelitian 26siswa dan peneliti sebagai guru.Penelitianberlangsung selamaduasiklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapanyaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas padapenelitian ini adalah modeldiscovery learningberbantuan kerang ajaib,sedangkanvariabelterikat adalah pemahaman konsep matematika, keterampilan guru mengajar dan aktivitas belajar siswa. Teknikanalisisdatayang digunakan dalam penelitian iniyaknianalisisdatakuantitatif dan kualitatif.
Hasiltespemahamankonsepyang menunjukkanadanyapeningkatandari siklusI denganskorrata-rata69,11(ketuntasanklasikal65,38%) kesiklusII meningkatmenjadi75(ketuntasanklasikal85%).Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran padasiklusImendapatkan skor rata-rata 72denganpredikat cukupbaikdan meningkat padasiklusIImenjadi 83dengan predikat baik.Aktivitas belajarsiswa padasiklus Iskorrata-rata67denganpredikat cukup baikmeningkatpadasiklus II menjadi 85dengan predikat baik.
Simpulandarihasilpenelitian,bahwa penerapanmodeldiscoverylearning berbantuanmedia kerang ajaibdapatmeningkatkanpemahaman konsepsiswa, keterampilan guru mengajar, dan aktivitas belajar siswakelasIV SD 2 Terban. Guru sebaiknya menerapkan model pembelajaran discovery learningpada mata pelajaran matematika, agar siswa mampu menemukan konsep sendiri dengan melakukan percobaan pada saat pembelajaran. |
id |
IOS3090.9359 |
institution |
Universitas Muria Kudus |
institution_id |
139 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus |
library_id |
630 |
collection |
Repositori Universitas Muria Kudus |
repository_id |
3090 |
subject_area |
Bahasa Ekonomi Hukum |
city |
KUDUS |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3090 |
first_indexed |
2019-05-05T14:27:02Z |
last_indexed |
2019-05-05T14:27:02Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765996283709882368 |
score |
17.13294 |