ctrlnum 9359
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9359/</relation><title>PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA &#xD; SISWA KELAS IV SD 2 TERBAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KERANG AJAIB</title><creator>LESTIYANI PUTRI, EVY</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model discovery learning berbantuan media kerang ajaib untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan aktivitas belajar siswa kelas IV SD 2 Terban pada materi bilangan bulat.&#xD; Penelitiantindakankelas(PTK)dilaksanakandikelasIVSD 2 Terbandengansubjek penelitian 26siswa dan peneliti sebagai guru.Penelitianberlangsung selamaduasiklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapanyaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas padapenelitian ini adalah modeldiscovery learningberbantuan kerang ajaib,sedangkanvariabelterikat adalah pemahaman konsep matematika, keterampilan guru mengajar dan aktivitas belajar siswa. Teknikanalisisdatayang digunakan dalam penelitian iniyaknianalisisdatakuantitatif dan kualitatif.&#xD; Hasiltespemahamankonsepyang menunjukkanadanyapeningkatandari siklusI denganskorrata-rata69,11(ketuntasanklasikal65,38%) kesiklusII meningkatmenjadi75(ketuntasanklasikal85%).Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran padasiklusImendapatkan skor rata-rata 72denganpredikat cukupbaikdan meningkat padasiklusIImenjadi 83dengan predikat baik.Aktivitas belajarsiswa padasiklus Iskorrata-rata67denganpredikat cukup baikmeningkatpadasiklus II menjadi 85dengan predikat baik. &#xD; Simpulandarihasilpenelitian,bahwa penerapanmodeldiscoverylearning berbantuanmedia kerang ajaibdapatmeningkatkanpemahaman konsepsiswa, keterampilan guru mengajar, dan aktivitas belajar siswakelasIV SD 2 Terban. Guru sebaiknya menerapkan model pembelajaran discovery learningpada mata pelajaran matematika, agar siswa mampu menemukan konsep sendiri dengan melakukan percobaan pada saat pembelajaran.</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9359/1/HAL%20JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9359/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9359/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9359/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9359/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9359/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9359/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9359/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9359/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> LESTIYANI PUTRI, EVY (2018) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD 2 TERBAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KERANG AJAIB. Skripsi Sarjana thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9359</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author LESTIYANI PUTRI, EVY
title PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD 2 TERBAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KERANG AJAIB
publishDate 2018
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/9359/1/HAL%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9359/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9359/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9359/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9359/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9359/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9359/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9359/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9359/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9359/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model discovery learning berbantuan media kerang ajaib untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan aktivitas belajar siswa kelas IV SD 2 Terban pada materi bilangan bulat. Penelitiantindakankelas(PTK)dilaksanakandikelasIVSD 2 Terbandengansubjek penelitian 26siswa dan peneliti sebagai guru.Penelitianberlangsung selamaduasiklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapanyaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas padapenelitian ini adalah modeldiscovery learningberbantuan kerang ajaib,sedangkanvariabelterikat adalah pemahaman konsep matematika, keterampilan guru mengajar dan aktivitas belajar siswa. Teknikanalisisdatayang digunakan dalam penelitian iniyaknianalisisdatakuantitatif dan kualitatif. Hasiltespemahamankonsepyang menunjukkanadanyapeningkatandari siklusI denganskorrata-rata69,11(ketuntasanklasikal65,38%) kesiklusII meningkatmenjadi75(ketuntasanklasikal85%).Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran padasiklusImendapatkan skor rata-rata 72denganpredikat cukupbaikdan meningkat padasiklusIImenjadi 83dengan predikat baik.Aktivitas belajarsiswa padasiklus Iskorrata-rata67denganpredikat cukup baikmeningkatpadasiklus II menjadi 85dengan predikat baik. Simpulandarihasilpenelitian,bahwa penerapanmodeldiscoverylearning berbantuanmedia kerang ajaibdapatmeningkatkanpemahaman konsepsiswa, keterampilan guru mengajar, dan aktivitas belajar siswakelasIV SD 2 Terban. Guru sebaiknya menerapkan model pembelajaran discovery learningpada mata pelajaran matematika, agar siswa mampu menemukan konsep sendiri dengan melakukan percobaan pada saat pembelajaran.
id IOS3090.9359
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-05-05T14:27:02Z
last_indexed 2019-05-05T14:27:02Z
recordtype dc
_version_ 1765996283709882368
score 17.13294