PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARANTALKING STICK SISWA KELAS V SD 1 NGIYONO
Main Author: | RAHAYU, LINDA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/9358/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/9358/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9358/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9358/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9358/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9358/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9358/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9358/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/9358/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/9358/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpeningkatanprestasibelajarranahkognitif,afektif, danpsikomotorsiswamelalui model pembelajaranTalking Stickpadamatapelajaran IPS ProklamasiKemerdekaan Indonesia Kelas V SD 1 Ngiyono. Prestasibelajaradalahkompetensisiswadalamsuatumatapelajaranbaikdarisegikognitif, afektif, danpsikomotor yang didapatkansetelahmempelajarimateridanmelakukanevaluasiberupasoal-soaldenganbobotnilai yang telahditentukan. Prestasibelajarsiswatersebutdapatdinyatakandalambentukangkamaupunhuruf. Model Talking Stick termasuksalahsatu model pembelajarankooperatifdimana guru memberikantongkatkepadasiswauntuk di putarsecarabergiliran sambil bernyanyi, kemudiansiswa yang memegangtongkatsetelah guru mengatakan Stop, makasiswatersebutharusmenjawabpertanyaan yang diberikanoleh guru. Materi IPS yang di kajidalam materiProklamasiKemerdekaan Indonesia. Hipotesistindakandalampenelitianiniadalahpeningkatanprestasibelajarranahkognitif, afektif, danpsikomotorpadamatapelajaran IPS materiProklamasiKemerdekaan Indonesia siswakelas V SD1 Ngiyono. Penelitiantindakankelasinidilaksanakandikelas V SD 1 Ngiyonodengansubjekpenelitian 16 siswa. Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus yang menggunakandesainKemmisdanMc.Tagartdenganmelaluiempattahapanperencanaan, pelaksanaan, pengamatanan, danrefleksi. Variabel bebasdalampenelitianiniadalahprestasibelajarranahkognitif, afektif, danpsikomotor IPS siswakelas V SD 1 Ngiyono. Metodepengumpulan data meliputiobservasi, wawancara, tes, dandokumentasi. Analisis data yang digunakanmerupakan data kuantitatifdan data kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD 1 Ngiyono pada materi Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang cukup signifikan. Hasil belajar ranah kognitif siklus I memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 62,5% dan siklus II memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 87,5%. Hasil belajar ranah afektif siklus I sebesar 70,45% dengan kualifikasi baik dan siklus II sebesar 90,75% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar ranah psikomotor siklus I sebesar 65% dengan kualifikasi baik dan siklus II sebesar 89,1% dengan kualifikasi sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi Proklamasi kemerdekaan Indonesia pada kelas V SD 1 Ngiyono.