ctrlnum 9347
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9347/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA VIDEO ANIMASI PROKLAMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD 3 PEGANJARAN</title><creator>Abdurrozaq, Adib</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media video animasi proklamasi IPS. (2) Menemukan peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan diterapkan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media video animasi proklamasi pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar 3 Peganjaran Kecamatan Bae Kabupaten Kudus.&#xD; Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan perubahan tingkah laku yang mencakup dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dalam Ilmu Pengetahuan Sosial yang bertujuan sebagai mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang baik. Materi yang dipakai dalam penelitian ini yaitu Proklamasi Kemerdekaan. Snowball Throwing adalah model pembelajaran yang mengaitkan interaksi antar peserta didik dari kelompok yang berbeda. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS dan terjadi penemuan peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi Proklamasi berbantuan media video animasi proklamasi pada peserta didik kelas V SD 3 Peganjaran.&#xD; Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada peserta didik kelas V semester genap di SD 3 Peganjaran dengan subjek penelitian 24 siswa. Penelitian ini berlangsung 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variabel bebas adalah model Snowball Throwing berbantuan media video animasi proklamasi. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis deskriptif komparatif.&#xD; Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru pada siklus I 56,7% (cukup) menjadi 78,3% (tinggi) pada siklus II. Peningkatan nilai hasil belajar IPS pada materi proklamasi yang cukup signifikan yaitu siklus I (58,3%) dan siklus II (79,1%). Didukung dengan peningkatan afektif siswa pada siklus I 78,8% (tinggi) menjadi 82,6% (sangat tinggi) pada siklus II dan peningkatan psikomotorik siswa pada siklus I 71,56% (tinggi) menjadi 80,55% (tinggi) pada siklus II. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan model Snowball Throwing berbantuan media video animasi proklamasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 3 Peganjaran.&#xD; Berdasarkan pada penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada kelas V SD 3 Peganjaran dapat disimpulkan bahwa model Snowball Throwing berbantuan media video animasi proklamasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 3 Peganjaran. Untuk itu disarankan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing guru harus memiliki strategi yang membangun siswa agar kemampuan bertanya dapat meningkat.</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9347/1/Hal.%20Judul.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9347/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9347/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9347/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9347/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9347/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9347/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9347/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9347/9/Lampiran.pdf</identifier><identifier> Abdurrozaq, Adib (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA VIDEO ANIMASI PROKLAMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD 3 PEGANJARAN. Skripsi Sarjana thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9347</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Abdurrozaq, Adib
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA VIDEO ANIMASI PROKLAMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD 3 PEGANJARAN
publishDate 2018
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/9347/1/Hal.%20Judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9347/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9347/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9347/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9347/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9347/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9347/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9347/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9347/9/Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9347/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media video animasi proklamasi IPS. (2) Menemukan peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan diterapkan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media video animasi proklamasi pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar 3 Peganjaran Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan perubahan tingkah laku yang mencakup dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dalam Ilmu Pengetahuan Sosial yang bertujuan sebagai mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang baik. Materi yang dipakai dalam penelitian ini yaitu Proklamasi Kemerdekaan. Snowball Throwing adalah model pembelajaran yang mengaitkan interaksi antar peserta didik dari kelompok yang berbeda. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS dan terjadi penemuan peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi Proklamasi berbantuan media video animasi proklamasi pada peserta didik kelas V SD 3 Peganjaran. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada peserta didik kelas V semester genap di SD 3 Peganjaran dengan subjek penelitian 24 siswa. Penelitian ini berlangsung 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variabel bebas adalah model Snowball Throwing berbantuan media video animasi proklamasi. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru pada siklus I 56,7% (cukup) menjadi 78,3% (tinggi) pada siklus II. Peningkatan nilai hasil belajar IPS pada materi proklamasi yang cukup signifikan yaitu siklus I (58,3%) dan siklus II (79,1%). Didukung dengan peningkatan afektif siswa pada siklus I 78,8% (tinggi) menjadi 82,6% (sangat tinggi) pada siklus II dan peningkatan psikomotorik siswa pada siklus I 71,56% (tinggi) menjadi 80,55% (tinggi) pada siklus II. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan model Snowball Throwing berbantuan media video animasi proklamasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 3 Peganjaran. Berdasarkan pada penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada kelas V SD 3 Peganjaran dapat disimpulkan bahwa model Snowball Throwing berbantuan media video animasi proklamasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 3 Peganjaran. Untuk itu disarankan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing guru harus memiliki strategi yang membangun siswa agar kemampuan bertanya dapat meningkat.
id IOS3090.9347
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-05-05T14:26:57Z
last_indexed 2019-05-05T14:26:57Z
recordtype dc
_version_ 1765996283666890752
score 17.13294