PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU KELAS IV SDN GERITAN
Main Author: | LESTARI NURAINI, ARI |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/9345/1/Hal.%20Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/9345/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9345/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9345/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9345/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9345/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9345/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9345/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/9345/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/9345/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Teams Games Tournament(TGT) dan menemukan peningkatan hasil belajarsiswa, aktivitas siswa dan keterampilan gurupada mata pelajaran tematik tema kayanya negeriku kelas IV SDN Geritan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Geritan dengan subjek penelitian 33 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil belajar, aktivitas siswa, dan keterampilan guru pada materi kayanya negeriku yang pada siklus I 65,02% (baik) dan siklus II 73,29% (baik), didukung dengan peningkatan aktivitas siswa pada siklus I 51% (Cukup) meningkat menjadi 63% (Baik) di siklus II. Pada keterampilan guru penerapan model TGT berbantuan media Flashcard mengalami peningkatan pada siklus I 69,80% (Baik) dan meningkat menjadi 96,10% (sangat baik) siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model TGT meningkatkan hasil belajar siswa berbantuan media Flashcard pada tema kayanya negeriku kelas IV SDN Geritan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN Geritan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Teams Games Tournament meningkatkan hasil belajar berbantuan media Flashcard pada tema kayanya negeriku kelas IV SDN Geritan. Disarankan dalam model TGT guru meningkatkan belajarnya sehingga materi yang disampaikan dapat dipahami dan pembelajarannya menyenangkan.