ctrlnum 9343
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9343/</relation><title>PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS V &#xD; SD 2 BUWARAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA PAPAN BANGUN DATAR</title><creator>FITRI, LAILATUL</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, keterampilan komunikasi matematis siswa, dan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar menggunakan model Think Pair Share berbantu media papan bangun datar. Komunikasi matematis siswa merupakan suatu peristiwa dialog atau saling hubungan yang terjadi di lingkungan kelas. TPS adalah pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Media papan bangun datar adalah papan yang dibentuk menjadi beberapa bangun datar. &#xD; Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD 2 Buwaran. Subjek penelitian ini terdiri dari 20 siswa kelas V dan peneliti sebagai guru. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari empat tahap menggunakan model PTK Kemmis dan mc Taggart, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran TPS berbantu media papan bangun datar, sedangkan variabel terikatnya adalah komunikasi matematis siswa kelas V SD 2 Buwaran dan keteramplan mengajar guru. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data diperoleh dari tindakan yang dilakukan oleh peneliti kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. &#xD; Hasil penelitian menunjukkan setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model TPS berbantu media papan bangun datar sebagai berikut. (1) kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat dari siklus I memperoleh rata-rata 69,7 (kurang) dengan ketuntasan klasikal 60% (kurang) pada siklus II menjadi memperoleh rata-rata 75,15 (cukup) dengan ketuntasan klasikal 85% (baik) pada siklus II. (2) keterampilan komunikasi matematis siswa pada siklus I memeperoleh rata-rata 2,27 dengan kategori cukup mengalami peningkatan pada siklus II yang memperoleh rata-rata 2,87 dengan kategori baik. (3) keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh nilai rata-rata 2,6 dengan kategori baik meningkat ke siklus II yang memperoleh nilai rata-rata 3,1 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model TPS berbantu media papan bangun datar dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, keterampilan komunikasi matematis siswa, dan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar pada kelas V SD 2 Buwaran. Saran yang diberikan yaitu hendaknya model TPS dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa.</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9343/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9343/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9343/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9343/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9343/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9343/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9343/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9343/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9343/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> FITRI, LAILATUL (2018) PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS V SD 2 BUWARAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA PAPAN BANGUN DATAR. Skripsi Sarjana thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9343</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author FITRI, LAILATUL
title PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS V SD 2 BUWARAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA PAPAN BANGUN DATAR
publishDate 2018
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/9343/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9343/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9343/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9343/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9343/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9343/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9343/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9343/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9343/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9343/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, keterampilan komunikasi matematis siswa, dan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar menggunakan model Think Pair Share berbantu media papan bangun datar. Komunikasi matematis siswa merupakan suatu peristiwa dialog atau saling hubungan yang terjadi di lingkungan kelas. TPS adalah pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Media papan bangun datar adalah papan yang dibentuk menjadi beberapa bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD 2 Buwaran. Subjek penelitian ini terdiri dari 20 siswa kelas V dan peneliti sebagai guru. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari empat tahap menggunakan model PTK Kemmis dan mc Taggart, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran TPS berbantu media papan bangun datar, sedangkan variabel terikatnya adalah komunikasi matematis siswa kelas V SD 2 Buwaran dan keteramplan mengajar guru. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data diperoleh dari tindakan yang dilakukan oleh peneliti kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model TPS berbantu media papan bangun datar sebagai berikut. (1) kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat dari siklus I memperoleh rata-rata 69,7 (kurang) dengan ketuntasan klasikal 60% (kurang) pada siklus II menjadi memperoleh rata-rata 75,15 (cukup) dengan ketuntasan klasikal 85% (baik) pada siklus II. (2) keterampilan komunikasi matematis siswa pada siklus I memeperoleh rata-rata 2,27 dengan kategori cukup mengalami peningkatan pada siklus II yang memperoleh rata-rata 2,87 dengan kategori baik. (3) keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh nilai rata-rata 2,6 dengan kategori baik meningkat ke siklus II yang memperoleh nilai rata-rata 3,1 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model TPS berbantu media papan bangun datar dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, keterampilan komunikasi matematis siswa, dan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar pada kelas V SD 2 Buwaran. Saran yang diberikan yaitu hendaknya model TPS dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa.
id IOS3090.9343
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-05-05T14:26:57Z
last_indexed 2019-05-05T14:26:57Z
recordtype dc
_version_ 1765996283653259264
score 17.13294