PENERAPAN MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SD 2 PASURUHAN LOR TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DENGAN BERBANTUAN MEDIA PAPAN TEMPEL
Main Author: | SANDRA, RIANI |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/9327/1/Hal.%20Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/9327/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9327/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9327/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9327/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9327/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9327/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9327/8/Daftar%20Pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/9327/9/Lampiran.pdf http://eprints.umk.ac.id/9327/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan berpikir kreatif siswa, peningkatan aktivitas siswa, dan peningkatan keterampilan mengajar guru melalui penerapan model Mind Mapping pada siswa kelas V SD 2 Pasuruhan Lor tema 7 dengan berbantuan media papan tempel. Berpikir kreatif merupakan aktivitas berpikir untuk menghasilkan sesuatu yang kreatif dan baru. Berpikir kreatif memiliki empat indikator yaitu: fluency, flekxibility, originality, dan elaboration. Model pembelajaran Mind Mapping adalah model pembelajaran yang menerapkan metode mencatat dengan cara membuat bagan peta pikiran. Papan tempel dalam peneilitian ini adalah papan yang dilapisi kain flanel dan berisi tempelan gambar-gambar atau peta konsep tentang jenis, perubahan, dan pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta terdapat amplop yang di dalamnya terdapat sebuah teks narasi yang harus dibacakan oleh siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 2 Pasuruhan Lor dengan subjek penelitian 39 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model Mind Mapping dan media papan tempel, sedangkan variabel terikatnya yaitu berpikir kreatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan berpikir kreatif siswa yang cukup signifikan antara siklus I (68,25%) dengan kategori baik, dan siklus II (85%) dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I (64,76%) dengan kategori baik dan siklus II (80,35%) dengan kategori baik. Keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan pada siklu I (81,70%) dengan kategori baik dan siklus II (90,30%) dengan kategori sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model Mind Mapping dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa kelas V SD 2 Pasuruhan Lor Tema Peristiwa dalam kehidupan Dengan Berbantuan Media Papan Tempel. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas V SD 2 Pasuruhan Lor dapat disimpulkan bahwa penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa, aktivitas siswa, dan keterampilan guru kelas V SD 2 Pasuruhan Lor Tema Peristiwa Dalam Kehidupan dengan berbantuan media papan tempel.