ctrlnum 9325
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9325/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA WAYANG UNTUK&#xD; MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn&#xD; KELAS V SD 6 HADIPOLO KUDUS</title><creator>LUTFIKA SARI, AINI</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Model pembelajaran Mind Mapping adalah salah satu bentuk pembelajaran yang digunakan melatih kemampuan menyajikan isi (content) materi dengan pemetaan pikiran (mind mapping). Model pembelajaran tersebut diterapkan dengan berbantuan media pembelajaran berupa wayang untuk menerangkan materi tentang keputusan bersama. Penerapan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan wayang akan meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran khususnya mata pelajaran PKn, selain itu dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 6 Hadipolo Kudus.&#xD; Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan dalam dua siklus di kelas V SD 6 Hadipolo Kudus dengan subjek penelitian 24 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Variabel bebbas pada penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media wayang. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini yaitu hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran PKn. Teknik pengumpulan data diperoleh dari teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisi secara kuantitatif dan kualitatif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran PKn melalui model pembelajaran mind mapping berbantuan media wayang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Persentase keterampilan guru siklus I rata-rata klasikal yakni 73% (baik) kemudian meningkat pada siklus II yakni 82 % (sangat baik). Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif pada prasiklus yakni 37,5% (cukup), setelah dilaksanakannya penelitian siklus I meningkat menjadi 66,67% (baik), kemudian meningkat pada siklus II dengan ketuntasan klasikal 83,33% (baik). Presentase hasil belajar ranah afektif pada siklus I yakni 71,35% (baik) kemudian meningkat pada siklus II yakni 80,14% (baik). Presentase hasil belajar psikomotorik pada siklus I yakni 71,67% (baik) meningkat pada siklus II menjadi 83% (baik). &#xD; Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan pada kelas V di SDN 6 Hadipolo Kudus dapat disimpulkan bahwa model mind mapping berbantuan media wayang pada mata pelajajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan keterampilan guru.</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9325/1/Hal%20Judul.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9325/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9325/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9325/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9325/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9325/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9325/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9325/8/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9325/9/Lampiran.pdf</identifier><identifier> LUTFIKA SARI, AINI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA WAYANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn KELAS V SD 6 HADIPOLO KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9325</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author LUTFIKA SARI, AINI
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA WAYANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn KELAS V SD 6 HADIPOLO KUDUS
publishDate 2018
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/9325/1/Hal%20Judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9325/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9325/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9325/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9325/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9325/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9325/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9325/8/Daftar%20Pustaka.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9325/9/Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9325/
http://eprints.umk.ac.id
contents Model pembelajaran Mind Mapping adalah salah satu bentuk pembelajaran yang digunakan melatih kemampuan menyajikan isi (content) materi dengan pemetaan pikiran (mind mapping). Model pembelajaran tersebut diterapkan dengan berbantuan media pembelajaran berupa wayang untuk menerangkan materi tentang keputusan bersama. Penerapan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan wayang akan meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran khususnya mata pelajaran PKn, selain itu dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 6 Hadipolo Kudus. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan dalam dua siklus di kelas V SD 6 Hadipolo Kudus dengan subjek penelitian 24 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Variabel bebbas pada penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media wayang. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini yaitu hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran PKn. Teknik pengumpulan data diperoleh dari teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisi secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran PKn melalui model pembelajaran mind mapping berbantuan media wayang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Persentase keterampilan guru siklus I rata-rata klasikal yakni 73% (baik) kemudian meningkat pada siklus II yakni 82 % (sangat baik). Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif pada prasiklus yakni 37,5% (cukup), setelah dilaksanakannya penelitian siklus I meningkat menjadi 66,67% (baik), kemudian meningkat pada siklus II dengan ketuntasan klasikal 83,33% (baik). Presentase hasil belajar ranah afektif pada siklus I yakni 71,35% (baik) kemudian meningkat pada siklus II yakni 80,14% (baik). Presentase hasil belajar psikomotorik pada siklus I yakni 71,67% (baik) meningkat pada siklus II menjadi 83% (baik). Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan pada kelas V di SDN 6 Hadipolo Kudus dapat disimpulkan bahwa model mind mapping berbantuan media wayang pada mata pelajajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan keterampilan guru.
id IOS3090.9325
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-05-05T14:26:57Z
last_indexed 2019-05-05T14:26:57Z
recordtype dc
_version_ 1765996283576713216
score 17.13294