UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MINIATUR “LINGKUNGAN” PADA TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU SD 1 GOLANTEPUS
Main Author: | NIAN NURDIANI, CICIK |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/9324/1/HAL.%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/9324/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9324/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9324/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9324/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9324/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9324/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9324/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/9324/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/9324/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Quantum Teachingberbantuan Miniatur “Lingkungan” terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan, ranah keterampilan dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran kelas IV SD 1 Golantepus. Hasil belajar merupakan suatu perubahan yang terjadi pada peserta didik setelah mengikuti kegiatan belajar. Perubahan tersebut didasarkan pada tingkat penguasaan materi yang telah dipelajari. Model Quantum Teaching menekankan pada keterlibatan peserta didik didalam pembelajaran dengan nuansa belajar yang menyenangkan. Hipotesis tindakan dalam penelitian yaitu penerapan model Quantum Teaching berbantuan Miniatur “Lingkungan” dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Golantepus. Penelitian dilaksanakan pada Tema 9 Kayanya Negeriku muatan IPS dan Bahasa Indonesia Subtema 1 pembelajaran 1, 3, dan 5 serta subtema 2 pembelajaran 1, 3, dan 5. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian 25 siswa kelas IV dan guru kelas. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini ialah model Quantum Teaching dan Miniatur “Lingkungan”, sedangkan variabel terikatnya ialah hasil belajar. Instrumen penelitian ini yaitu tes, lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa ranah pengetahuan mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh presentase 68% dengan kualifikasi cukup, meningkat pada siklus II dengan presentase 84% dengan kualifikasi baik. Ranah keterampilan siswa meningkat pada siklus I dan siklus II. Siklus I diperoleh skor rata-rata 34,44 dengan presentase 68,87% dalam kualifikasi cukup, meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 41,88 presentase sebesar 83,76% dalam kualifikasi baik. Keterampilan guru pada siklus I diperoleh skor rata-rata 7,3 dengan presentase 60, 83% dalam kualifikasi cukup, meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 9,7 presentase 80,83% dalam kualifikasi baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Quantum Teaching berbantuan Miniatur “Lingkungan” dapat meningkatkan hasil belajar siswa ranah pengetahuan, ranah keterampilan dan keterampilan mengajar guru. Adapun saran yang diberikan yaitu guru harus terampil menggunakan media yang sesuai dengan karakteristik siswa dan lebih inovatif dalam meningkatkan keterlibatan siswa ketika menerapkan model Quantum Teaching