ctrlnum 9317
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9317/</relation><title>PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA&#xD; BERBANTUAN DIORAMA PEMBELAJARAN IPA KELAS V &#xD; SDN 1 BANDUNGREJO</title><creator>SEPTIYANI, SUSI</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model CTL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan keterampilan guru berbantuan media diorama pembelajaran IPA kelas V SDN Bandungrejo 1.&#xD; Berpikir kritis merupakan proses mental yang berperan dalam proses pemecahan masalah dengan menganalisis dan menginterpretasikan data konsep ilmiah. CTL merupakan pembelajaran yang mengkaitkan pembelajaran dengan konteks nyata pada kehidupan sehari-hari. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model CTL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan keterampilan guru berbantuan media diorama pembelajaran IPA kelas V SD Bandungrejo 1.&#xD; Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD Bandungrejo 1 dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran CTL dan media diorama, sedangkan variabel terikatnya yaitu berpikir kritis siswa. Instrumen penelitian ini wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa secara klasikal pelajaran IPA pada materi daur air yang cukup signifikan antara siklus I (55,40%) dan siklus II (77,43%), didukung dengan peningkatan berpikir kritis siswa ranah afektif pada siklus I 63,28% (cukup) menjadi 75,15% (baik) pada siklus II. Kemampuan berpikir kritis siswa ranah psikomotorik mengalami peningkatan pada siklus I 57,94% (cukup) menjadi 77,14% (baik) pada siklus II. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan pada siklus I 61,87% (baik) menjadi 81,87% (sangat baik) pada siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model CTL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan keterampilan guru pada materi daur air kelas V SDN 1 Bandungrejo Demak. &#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN Bandungrejo dapat disimpulkan bahwa penggunaan model CTL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi daur air kelas V SDN Bandungrejo Demak. Saran yang dapat penulis sampaikan dalam menerapkan model CTL, guru harus memberi pertanyaan-pertanyaan atau latihan soal yang mengarah pada penemuan konsep agar siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya.</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9317/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9317/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9317/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9317/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9317/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9317/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9317/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9317/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9317/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> SEPTIYANI, SUSI (2018) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA BERBANTUAN DIORAMA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN 1 BANDUNGREJO. Skripsi Sarjana thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9317</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author SEPTIYANI, SUSI
title PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA BERBANTUAN DIORAMA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN 1 BANDUNGREJO
publishDate 2018
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/9317/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9317/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9317/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9317/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9317/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9317/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9317/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9317/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9317/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9317/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model CTL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan keterampilan guru berbantuan media diorama pembelajaran IPA kelas V SDN Bandungrejo 1. Berpikir kritis merupakan proses mental yang berperan dalam proses pemecahan masalah dengan menganalisis dan menginterpretasikan data konsep ilmiah. CTL merupakan pembelajaran yang mengkaitkan pembelajaran dengan konteks nyata pada kehidupan sehari-hari. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model CTL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan keterampilan guru berbantuan media diorama pembelajaran IPA kelas V SD Bandungrejo 1. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD Bandungrejo 1 dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran CTL dan media diorama, sedangkan variabel terikatnya yaitu berpikir kritis siswa. Instrumen penelitian ini wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa secara klasikal pelajaran IPA pada materi daur air yang cukup signifikan antara siklus I (55,40%) dan siklus II (77,43%), didukung dengan peningkatan berpikir kritis siswa ranah afektif pada siklus I 63,28% (cukup) menjadi 75,15% (baik) pada siklus II. Kemampuan berpikir kritis siswa ranah psikomotorik mengalami peningkatan pada siklus I 57,94% (cukup) menjadi 77,14% (baik) pada siklus II. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan pada siklus I 61,87% (baik) menjadi 81,87% (sangat baik) pada siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model CTL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan keterampilan guru pada materi daur air kelas V SDN 1 Bandungrejo Demak. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN Bandungrejo dapat disimpulkan bahwa penggunaan model CTL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi daur air kelas V SDN Bandungrejo Demak. Saran yang dapat penulis sampaikan dalam menerapkan model CTL, guru harus memberi pertanyaan-pertanyaan atau latihan soal yang mengarah pada penemuan konsep agar siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya.
id IOS3090.9317
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-05-05T14:26:57Z
last_indexed 2019-05-05T14:26:57Z
recordtype dc
_version_ 1765996283548401664
score 17.13294