ctrlnum 9316
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9316/</relation><title>PENERAPAN MODELMIND MAPPINGUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS&#xD; KELASV SD NEGERI 01 MEJOBO KUDUS</title><creator>SULFIYANTO, FARUQ</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 01 Mejobo Kudus dengan menggunakan modelMind Mapping.Hasil belajar ialah perubahan atau peningkatan perilaku, sikap, pengetahuan, keterampilan seseorang karena belajar, yang menuju pada perubahan positif, baik kognitif, afektif, dan psikomotorik. Model Mind Mapping adalah model yang dirancang agar dalam proses pembelajaran siswa dapat menghimpun informasi berupa materi pelajaran yang diperoleh ketika pembelajaran, serta melatih siswa membuat inti dari materi pelajaran dalam bentuk peta pikiran, grafik, maupun penggunaan simbol sehingga siswa lebih mudah memahami materi pelajaran yang dipelajari.&#xD; Penelitian tindakan kelas ini akan dilakukan di kelasV SD Negeri 01 Mejobo Kudus dengan subjek penelitian 36 orang siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah modelMind Mapping. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan guru dan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS melalui model Mind Mapping.Pada keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 58,35 % dan siklus II meningkat 90,27 %, dan rata-rata klasikalhasil belajarmengalami peningkatan pada siklus I sebesar 69,36 % dan siklus II meningkat menjadi 81,52 %.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi perjuangan kemerdekaan Indonesia pada kelas V SD Negeri 01 Mejobo. Saran yang dapat di sampaikan adalah siswa harapkan giat dan semangat dalam mengikuti pelajaran dengan baik, dan pada pihak sekolah sebaiknya memberikan dukungan dan kesempatan kepada guru untuk mengadakan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam menguasai model pembelajaran inovatif sehingga pelajaran IPS dapat dilaksanakan dengan menyenangkan.</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9316/1/HAL%20JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9316/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9316/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9316/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9316/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9316/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9316/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9316/8/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9316/9/Lampiran.pdf</identifier><identifier> SULFIYANTO, FARUQ (2018) PENERAPAN MODELMIND MAPPINGUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELASV SD NEGERI 01 MEJOBO KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9316</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author SULFIYANTO, FARUQ
title PENERAPAN MODELMIND MAPPINGUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELASV SD NEGERI 01 MEJOBO KUDUS
publishDate 2018
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/9316/1/HAL%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9316/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9316/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9316/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9316/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9316/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9316/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9316/8/Daftar%20Pustaka.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9316/9/Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9316/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 01 Mejobo Kudus dengan menggunakan modelMind Mapping.Hasil belajar ialah perubahan atau peningkatan perilaku, sikap, pengetahuan, keterampilan seseorang karena belajar, yang menuju pada perubahan positif, baik kognitif, afektif, dan psikomotorik. Model Mind Mapping adalah model yang dirancang agar dalam proses pembelajaran siswa dapat menghimpun informasi berupa materi pelajaran yang diperoleh ketika pembelajaran, serta melatih siswa membuat inti dari materi pelajaran dalam bentuk peta pikiran, grafik, maupun penggunaan simbol sehingga siswa lebih mudah memahami materi pelajaran yang dipelajari. Penelitian tindakan kelas ini akan dilakukan di kelasV SD Negeri 01 Mejobo Kudus dengan subjek penelitian 36 orang siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah modelMind Mapping. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan guru dan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS melalui model Mind Mapping.Pada keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 58,35 % dan siklus II meningkat 90,27 %, dan rata-rata klasikalhasil belajarmengalami peningkatan pada siklus I sebesar 69,36 % dan siklus II meningkat menjadi 81,52 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi perjuangan kemerdekaan Indonesia pada kelas V SD Negeri 01 Mejobo. Saran yang dapat di sampaikan adalah siswa harapkan giat dan semangat dalam mengikuti pelajaran dengan baik, dan pada pihak sekolah sebaiknya memberikan dukungan dan kesempatan kepada guru untuk mengadakan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam menguasai model pembelajaran inovatif sehingga pelajaran IPS dapat dilaksanakan dengan menyenangkan.
id IOS3090.9316
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-05-05T14:26:57Z
last_indexed 2019-05-05T14:26:57Z
recordtype dc
_version_ 1765996283544207360
score 17.13294