ctrlnum 9315
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9315/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DENGAN PERCOBAAN SEDERHANA SISWA KELAS V SD 4 PRAMBATAN KIDUL&#xD; KUDUS</title><creator>FRISKI TRISNANINGRUM, AMELIA</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Fakhriyah, S.Pd, M.Pd (2) Siti Masfuah, S.Pd, M.Pd.&#xD; Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan seberapa besar peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, aktivitas siswa dan keterampilan guru melalui model Problem Based Learning (PBL)dengan percobaan sederhana pada materi sifat-sifat cahaya kelas V SD 4 Prambatan Kidul.&#xD; Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang dapat digunakan untuk memecahkan segala permasalahan nyata dengan menggunakan pengetahuan yang sudah dimiliki melalui aktivitas ilmiah. Model PBLmerupakan model yang menggunakan masalah sebagai sumber belajarnya dan melibatkan siswa secara aktif di dalamnya. Metode percobaan sederhana dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan ilmiah yang melibatkan siswa secara aktif untuk menemukan berbagai konsep sendiri yang akan digunakan untuk membantu menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model PBL dengan percobaan sederhana dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, aktivitas siswa dan keterampilan guru pada kelas V SD 4 Prambatan Kidul Kudus tahun ajaran 2017/2018 pada materi sifat-sifat cahaya.&#xD; Penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan di kelas V SD 4 Prambatan Kidul dengan subyek penelitian 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa, aktivitas siswa, dan keterampilan guru, sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran PBLdan metode percobaan sederhana. &#xD; Hasil penelitian terdapat adanya peningkatan ketuntasan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sifat-sifat cahaya dengan percobaan sederhana yang cukup signifikan antara siklus I (60,71%), dan siklus II (75%). Didukung dengan peningkatan aktivitas siswa aspek sikap siklus I 68,3% (baik) menjadi 85,11% (sangat baik) pada siklus II dan peningkatan aktivitas siswa aspek keterampilan siklus I 64,37% (baik) menjadi 81,02% (baik) padasiklus II. Pengelolaan pembelajaran model PBLjuga mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh 66,07% (baik) menjadi 90,11% (sangat baik) pada siklus II. Hal itu membuktikan bahwa dengan penggunaan model PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sifat-sifat cahaya dengan percobaan sederhana siswa kelas V SD 4 Prambatan Kidul Kudus.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada kelas V SD 4 Prambatan Kidul Kudus dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi sifat-sifat cahaya dengan percobaan sederhana kelas V SD 4 Prambatan Kidul Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model PBL, guru harus memberikan permasalahan baik nyata ataupun tidak untuk memfokuskan siswa pada pemecahan masalah dan penemuan konsep secara mandiri agar siswa dapat menumbuh kembangkan daya nalar yang dimilikinya.</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9315/1/Halaman%20Judul.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9315/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9315/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9315/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9315/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9315/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9315/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9315/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9315/9/Lampiran.pdf</identifier><identifier> FRISKI TRISNANINGRUM, AMELIA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DENGAN PERCOBAAN SEDERHANA SISWA KELAS V SD 4 PRAMBATAN KIDUL KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9315</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author FRISKI TRISNANINGRUM, AMELIA
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DENGAN PERCOBAAN SEDERHANA SISWA KELAS V SD 4 PRAMBATAN KIDUL KUDUS
publishDate 2018
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/9315/1/Halaman%20Judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9315/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9315/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9315/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9315/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9315/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9315/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9315/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9315/9/Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9315/
http://eprints.umk.ac.id
contents Fakhriyah, S.Pd, M.Pd (2) Siti Masfuah, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan seberapa besar peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, aktivitas siswa dan keterampilan guru melalui model Problem Based Learning (PBL)dengan percobaan sederhana pada materi sifat-sifat cahaya kelas V SD 4 Prambatan Kidul. Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang dapat digunakan untuk memecahkan segala permasalahan nyata dengan menggunakan pengetahuan yang sudah dimiliki melalui aktivitas ilmiah. Model PBLmerupakan model yang menggunakan masalah sebagai sumber belajarnya dan melibatkan siswa secara aktif di dalamnya. Metode percobaan sederhana dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan ilmiah yang melibatkan siswa secara aktif untuk menemukan berbagai konsep sendiri yang akan digunakan untuk membantu menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model PBL dengan percobaan sederhana dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, aktivitas siswa dan keterampilan guru pada kelas V SD 4 Prambatan Kidul Kudus tahun ajaran 2017/2018 pada materi sifat-sifat cahaya. Penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan di kelas V SD 4 Prambatan Kidul dengan subyek penelitian 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa, aktivitas siswa, dan keterampilan guru, sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran PBLdan metode percobaan sederhana. Hasil penelitian terdapat adanya peningkatan ketuntasan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sifat-sifat cahaya dengan percobaan sederhana yang cukup signifikan antara siklus I (60,71%), dan siklus II (75%). Didukung dengan peningkatan aktivitas siswa aspek sikap siklus I 68,3% (baik) menjadi 85,11% (sangat baik) pada siklus II dan peningkatan aktivitas siswa aspek keterampilan siklus I 64,37% (baik) menjadi 81,02% (baik) padasiklus II. Pengelolaan pembelajaran model PBLjuga mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh 66,07% (baik) menjadi 90,11% (sangat baik) pada siklus II. Hal itu membuktikan bahwa dengan penggunaan model PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sifat-sifat cahaya dengan percobaan sederhana siswa kelas V SD 4 Prambatan Kidul Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada kelas V SD 4 Prambatan Kidul Kudus dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi sifat-sifat cahaya dengan percobaan sederhana kelas V SD 4 Prambatan Kidul Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model PBL, guru harus memberikan permasalahan baik nyata ataupun tidak untuk memfokuskan siswa pada pemecahan masalah dan penemuan konsep secara mandiri agar siswa dapat menumbuh kembangkan daya nalar yang dimilikinya.
id IOS3090.9315
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-05-05T14:26:57Z
last_indexed 2019-05-05T14:26:57Z
recordtype dc
_version_ 1765996283538964480
score 17.13294