ctrlnum 9310
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9310/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS IV SEMESTER II PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU DI SD NEGERI TLOGOWUNGU 01 &#xD; TAHUN AJARAN 2017/2018</title><creator>PUTRI HARDIYANTI, AGUSTINA</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, meningkatkan aktifitas siswa dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa dengen diterapkanya model pembelajaran Time Token pada Tema Kayanya Negeriku muatan IPS dan Bahasa Indonesia.&#xD; Model pembelajaran Time Token merupakan model pembelajaran yang dirancang untuk mempengaruhi pola interakasi siswa dan sebagai alternated terhadap struktur kelas tradisional. Hasil belajar adalah terjadinya perubahan peningkatan kemampuan siswa berupa ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah dengan menerapkan model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan keterampilan guru serta menemukan peningkatan hasil belajar siswa.Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus memiliki 4 tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Lokasi penelitian di SD Negeri Tlogowungu 01.Subjek penelitian 23 siswa pada kelas IV.Variabel bebas adalah model pembelajaran Time Token, sedangkan varabel terikat adalah hasil belajar.&#xD; Hasil keterampilan guru pada siklus I pertemuan I memperoleh 78% (baik) dan pertemuan II sebesar 80% (baik).Sedangkan pada siklus II pertemuan I memperoleh 92% (sangat baik) dan pertemuan II memperoleh 96% (sangat baik).Hasil belajar ranah sikap dan keterampilan pada siswa pada siklus I pertemuan I sebesar 85% (baik) dan pertemuan II sebesar 89% (baik).Sedangkan pada siklus II pertemuan I memperoleh 96% (sangat baik) dan pertemuan II sebesar 97% (sangat baik).Hasil penelitian pada siklus I hasil hasil belajar ranah kognitif pada muatan IPS ketuntasan klasikal 83% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 77 pada siklus I sedangkan pada muatan Bahasa Indonesia ketuntasan klasikal 83% dengan nilai rata-rata kelas 76 sedangkan pada siklus II muatan IPS 91% dengan nilai rata-rata 88 sedangkan pada muatan Bahasa Indonesia 87% dengan nilai rata-rata 88. &#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model Time Token dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada tema kayanya negeriku di kelas IV pada SD Negeri Tlogowungu 01. Saran yang dapat diberikan yaitu sebaiknya guru dapat menerapkan model Time Token sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9310/1/Hal.%20Judul.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9310/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9310/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9310/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9310/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9310/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9310/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9310/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9310/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> PUTRI HARDIYANTI, AGUSTINA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS IV SEMESTER II PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU DI SD NEGERI TLOGOWUNGU 01 TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi Sarjana thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9310</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author PUTRI HARDIYANTI, AGUSTINA
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS IV SEMESTER II PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU DI SD NEGERI TLOGOWUNGU 01 TAHUN AJARAN 2017/2018
publishDate 2018
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/9310/1/Hal.%20Judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9310/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9310/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9310/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9310/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9310/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9310/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9310/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9310/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9310/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, meningkatkan aktifitas siswa dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa dengen diterapkanya model pembelajaran Time Token pada Tema Kayanya Negeriku muatan IPS dan Bahasa Indonesia. Model pembelajaran Time Token merupakan model pembelajaran yang dirancang untuk mempengaruhi pola interakasi siswa dan sebagai alternated terhadap struktur kelas tradisional. Hasil belajar adalah terjadinya perubahan peningkatan kemampuan siswa berupa ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah dengan menerapkan model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan keterampilan guru serta menemukan peningkatan hasil belajar siswa.Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus memiliki 4 tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Lokasi penelitian di SD Negeri Tlogowungu 01.Subjek penelitian 23 siswa pada kelas IV.Variabel bebas adalah model pembelajaran Time Token, sedangkan varabel terikat adalah hasil belajar. Hasil keterampilan guru pada siklus I pertemuan I memperoleh 78% (baik) dan pertemuan II sebesar 80% (baik).Sedangkan pada siklus II pertemuan I memperoleh 92% (sangat baik) dan pertemuan II memperoleh 96% (sangat baik).Hasil belajar ranah sikap dan keterampilan pada siswa pada siklus I pertemuan I sebesar 85% (baik) dan pertemuan II sebesar 89% (baik).Sedangkan pada siklus II pertemuan I memperoleh 96% (sangat baik) dan pertemuan II sebesar 97% (sangat baik).Hasil penelitian pada siklus I hasil hasil belajar ranah kognitif pada muatan IPS ketuntasan klasikal 83% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 77 pada siklus I sedangkan pada muatan Bahasa Indonesia ketuntasan klasikal 83% dengan nilai rata-rata kelas 76 sedangkan pada siklus II muatan IPS 91% dengan nilai rata-rata 88 sedangkan pada muatan Bahasa Indonesia 87% dengan nilai rata-rata 88. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model Time Token dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada tema kayanya negeriku di kelas IV pada SD Negeri Tlogowungu 01. Saran yang dapat diberikan yaitu sebaiknya guru dapat menerapkan model Time Token sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
id IOS3090.9310
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-05-05T14:26:57Z
last_indexed 2019-05-05T14:26:57Z
recordtype dc
_version_ 1765996283522187264
score 17.13294