Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dengan menerapkan model Think Pair Share (TPS) dengan berbantuan media gambar kelas V SD 2 Gribig, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS siswa dengan penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan berbantuan media gambar kelas V SD 2 Gribig. Model pembelajaran Think Pair Share (TPS) adalah Model pembelajaran Think Pair Share merupakan suatu model pembelajaran kooperatif yang memberi siswa waktu untuk berpikir dan merespons serta saling membantu satu sama lain. Model Think Pair Share (TPS) ini digunakan supaya siswa lebih bisa kreatif dalam berpikir, meningkatkan kerjasama antar siswa, dan supaya lebih percaya diri dalam berbagi pendapat. Hasil belajar merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif dan psikomotor sebagai hasil dari kegiatan belajar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah model Think Pair Share dengan berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 2 Gribig Gebog Kudus. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model PTK Kemmis dan M.C Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Adapun tahapn-tahapan PTK pada masing-masing siklus yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD 2 Gribig dengan subjek penelitian guru kelas V dan siswa kelas V yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Pada hasil data keterampilan guru dalam mengajar terdapat peningkatan siklus I ke siklus II dari persentase 71% menjadi 80%. Peningkatan hasil belajar IPS pada siklus I nilai ketuntasan kognitif secara klasikal 70,83% menjadi 83,33%. Ranah afektif dari siklus I ke siklus II 75,83% menjadi 78,64% sedangkan pada ranah psikomotorik terjadi peningkatan dari 75,95% menjadi 78,12%. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa model Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, hasil belajar IPS aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Saran dalam penelitian ini guru dapat memberikan suasana dan meningkatkan kreatifitas dalam mengajar dengan menggunakan berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa.