ctrlnum 9298
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9298/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE&#xD; BERBANTUANMEDIA MONOPOLI EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD 2 TENGGELES KUDUS</title><creator>FAJRIYATI, NOFITA</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, akitivtas belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan mediaMonopoli Edukatif pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada materi memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungan&#xD; Model Think Pair Sharemerupakan model pembelajara yang dirancang untuk siswa lebih aktif, dan kreatif, dengan cara siswa berpikir, berbagi dan berpasangan. Siswa dalam model ini dituntut untuk aktif memecahkan masalah dengan bantuan media Monopoli Edukatifbertujuan agar semua perhatian siswa akan terpusat pada media, sehingga siswa tertarik pada materi pembelajaran&#xD; Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Tenggeles Kudus dengan subjek penelitian 20 siswa. penelitian ini berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas yang diteliti yaitu model Think Pair Share dan media monopoli edukatif, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar PKn. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa kognitif prasiklus dengan persentase 50% (kurang) dan siklus I mencapai 65% (baik) dan siklus II meningkat mencapai 85% (sangat baik). Hasil belajar afektif siklus I mencapai 73% (baik) dan meningkat pada siklus II mencapai 86,63% (sangat baik). Hasil belajar psikomotorik siklus I mencapai 59,75% (cukup) dan pada siklus II meningkat mencapai 88,5% (sangat baik). Aktivitas belajar siswa siklus I mencapai 75,30% (baik) dan meningkat pada siklus II mencapai 89,37% (sangat baik). Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dari siklus I mencapai 86,25% (sangat baik) dan siklus II mencapai 96% (sangat baik). &#xD; Simpulan pada penelitian ini dengan diterapkannya model pembelajaran Think Pair Share berbantu media monopoli edukatif dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa serta hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn materi globalisasi kelas IV SD 2 Tenggeles Kudus. Saran dalam penelitian ini, siswa diharapkan lebih aktif dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. guru hendaknya menggunakan model-model pembelajaran. kepala sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang dapat mendukung proses pembelajaran yang lebih baik.</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9298/1/hal.judul.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9298/2/Bab%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9298/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9298/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9298/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9298/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9298/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9298/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9298/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> FAJRIYATI, NOFITA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUANMEDIA MONOPOLI EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD 2 TENGGELES KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, UMK. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9298</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author FAJRIYATI, NOFITA
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUANMEDIA MONOPOLI EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD 2 TENGGELES KUDUS
publishDate 2018
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/9298/1/hal.judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9298/2/Bab%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9298/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9298/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9298/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9298/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9298/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9298/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9298/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9298/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, akitivtas belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan mediaMonopoli Edukatif pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada materi memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungan Model Think Pair Sharemerupakan model pembelajara yang dirancang untuk siswa lebih aktif, dan kreatif, dengan cara siswa berpikir, berbagi dan berpasangan. Siswa dalam model ini dituntut untuk aktif memecahkan masalah dengan bantuan media Monopoli Edukatifbertujuan agar semua perhatian siswa akan terpusat pada media, sehingga siswa tertarik pada materi pembelajaran Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Tenggeles Kudus dengan subjek penelitian 20 siswa. penelitian ini berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas yang diteliti yaitu model Think Pair Share dan media monopoli edukatif, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar PKn. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa kognitif prasiklus dengan persentase 50% (kurang) dan siklus I mencapai 65% (baik) dan siklus II meningkat mencapai 85% (sangat baik). Hasil belajar afektif siklus I mencapai 73% (baik) dan meningkat pada siklus II mencapai 86,63% (sangat baik). Hasil belajar psikomotorik siklus I mencapai 59,75% (cukup) dan pada siklus II meningkat mencapai 88,5% (sangat baik). Aktivitas belajar siswa siklus I mencapai 75,30% (baik) dan meningkat pada siklus II mencapai 89,37% (sangat baik). Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dari siklus I mencapai 86,25% (sangat baik) dan siklus II mencapai 96% (sangat baik). Simpulan pada penelitian ini dengan diterapkannya model pembelajaran Think Pair Share berbantu media monopoli edukatif dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa serta hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn materi globalisasi kelas IV SD 2 Tenggeles Kudus. Saran dalam penelitian ini, siswa diharapkan lebih aktif dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. guru hendaknya menggunakan model-model pembelajaran. kepala sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang dapat mendukung proses pembelajaran yang lebih baik.
id IOS3090.9298
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-05-05T14:26:57Z
last_indexed 2019-05-05T14:26:57Z
recordtype dc
_version_ 1765996283465564160
score 17.13294