Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendiskripsikan ketrampilan guru dan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD 05 Klaling pada mata pelajaran IPS dan PPKn. Hasil belajar yang di diskripsikan terdiri dari hasil belajar sikap, pengetahuan dan ketrampilan Hasil belajar adalah suatu hasil nyata yang dicapai siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar disekolah yang diwujud kandalam bentuk angka. Make A Match merupakan model pembeljaran yang mengajak siswa untuk belajar berkelompok dengan cara berpasang pasang dengan temannya sendiri. Masing-masing siswa mendapatkan satu buah kartu yang berisi kartu soal maupun kartu jawaban.Setelah siswa mendapatkan kartu, kemudian mereka mencari pasangan kartunya.Bagi siswa yang menemukan pasangan kartunya dengan tepat dan cepat, langsung mempresentasikan di depan kelas. Hipotesis tidakan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS dan PPKn pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku kelas IV SD 05 Klaling. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD Klaling dengan subjek penelitian 32 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengematan dan refleksi. Variabel bebas adalah Model Make A Match. Sedangkan Variabe terikat adalah hasil belajar IPS. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi dan tes. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku yaitu pada ranah kognitif siklus I muatan IPS (66,53%), dan muatan PPKn (64,34%). Siklus II untuk muatan IPS menjadi 75,9% dan 76,1% untuk muatan PPKn. Hasil penelitian hasil belajar afektif siklus I terdapat siswa yang berperilaku kurang baik, kemudian guru mengatasinya dengan cara membimbing dan mendampingi siswa yang berperilaku kurang baik. pada siklus II hasil belajar ranah afektif semua siswa sudah berperilaku baik, pada siklus II terdapat 3 aspek spiritual yaitu berperilaku syukur, toleransi beragama, dan kegiatan beribadah, sikap sosial pada siklus II terdapat 4 aspek yang menonjjol yaitu disiplin, santun, tanggung jawab, dan jujur. Ketrampilan guru dalam mengelola pembelajaran siklus I 76,6% siklus II menjadi 92,91% melalui model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata tema daerah tempat tinggalku kelas IV SD 05 Klaling. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 05 Klaling dapat disimpulkan bahwa penggunaan model make a matcdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV tema daerah tempat tinggalku. Peneliti menyarankan dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran make a match adalah dengan meningkatkan hasil belajar siswa dan ketrampilan guru