Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model open ended problemsberbantuan compact disk (CD) pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa, aktivitas siswa, dan keterampilan guru kelas IV SD 1 Golantepus. Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan berpikir secara divergen. Tingkat berpikir kreatif seseorang didasarkan pada indikator fluency, flexibility, originality dan elaborasi. Model open ended problems menekankan pada pembelajaran dengan masalah atau pertanyaan terbuka, yang menghasilkan jawaban beragam. Hipotesis tindakan dalam penelitian yaitu penerapan model open ended problems berbantuan CD pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD 1 Golantepus. Penelitian dilaksanakan pada tema 6 cita-citaku muatan IPA dan Bahasa Indonesia. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian 25 siswa kelas IV dan guru kelas. Penelitan ini berlangsung dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini ialah model open ended problems dan CD pembelajaran, sedangkan variabel terikatnya ialah kemampuan berpikir kreatif. Instrumen penelitian ini yaitu tes, nontes, lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh persentase74,1% dalam kriteria cukup kreatif, meningkat pada siklus II dengan persentase 85,92% dalam kriteria kreatif. Aktivitas siswa meningkat pada siklus I dan siklus II. Siklus I diperoleh skor rata-rata 3,62 dengan persentase 72,36% dalam kualifikasi baik, meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 4,19 persentase 83,8% dalam kualifikasi baik. Keterampilan guru pada siklus I diperoleh skor rata-rata 2,83 dengan persentase 70% dalam kualifikasi baik, dan meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 3,24 persentase 81% dalam kualfikasi baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model open ended problems berbantuan compact disk (CD) pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, aktivitas siswa, dan keterampilan mengajar guru. Adapun saran yang diberikan yaitu guru harus mempersipakan pertanyaan dan media sesuai karakteristik siswa dan lingkungan belajar, ketika menerapkan model open ended problems.