Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Mind Mappingpada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia. Model Mind Mappingmerupakan pembelajaran dengan memanfaatkan seluruh otak menggunakan sarana grafis dan citra visual lainnya untuk membuat kesan. Otak dapat menangkap informasi berupa gambar, simbol, suara, bentuk-bentuk, serta perasaan. Peta ini mampu membangkitkan ide-ide atau gagasan-gagasan dan memicu ingatan yang lebih mudah. Keterampilan guru adalah modal guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Keterampilan guru dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan baru yang terdiri dari tiga ranah, yaitu ranah kognitif, ranah afektif serta ranah prikomotorik. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah hasil belajar IPS dengan diterapkannya model Mind Mappingpada kelas V SD 1 Ngembal Kulon dapat meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD 1 Ngembal Kulon dengan subjek penelitian 32 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Mind Mapping, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah terjadinya peningkatan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh rata-rata 70,29% (Baik), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 87,68% (Sangat baik).hasil belajar siswa siklus I pada ranah kognitif memperoleh rata-rata 62,50% (Baik) dengan nilai rata-rata kelas 74,06, meningkat pada siklus II menjadi 87,50% (Sangat Baik) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 80,16. Pada ranah afektif 70,31% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 87,34% (Sangat Baik). Pada ranah psikomotorik siklus I memperoleh rata-rata 67,99% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 92,18% (Sangat Baik). Penggunaan model pembelajaran mind mapping pada materi proklamasi kemerdekan Indonesia dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, dan hasil belajar siswa.