ctrlnum 9254
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/9254/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL &#xD; MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA SORT CARD&#xD; PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD NEGERI &#xD; JATIROTO 02 PATI</title><creator>TIFFANIE, LUCIA</creator><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh suatu gambaran dalam peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar siswa melalui model Make A Match berbantuan media SortCard pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDNegeri Jatiroto 02 Pati.&#xD; Model Make A Match merupakan model pembelajaran yang meminta siswa untuk mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban atau pertanyaan materi tertentu dalam pembelajaran. Siswa dalam model ini dituntut aktif untuk bergerak mencari pasangan dengan kartu yang seesuai dengan jawaban atau pertanyaan dalam kartu tersebut.Hasil Belajar adalahSuatu keadan yang diperoleh seseorang setelah melakukan proses belajar yang berupa bertambahnya pengetahuan atau perubahan tingkah laku. Secara garis besar, hasil belajar dibagi kedalam 3 ranah yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. &#xD; Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SDNegeri Jatiroto 02 Pati dengan subjek penelitian 34 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Variabel bebas adalah model MakeA Match. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS, Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi dan tes. &#xD; Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Jatiroto 02 Pati yang cukup signifikan. Hasil belajar ranah pengetahuan siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 64,71% dan siklus II sebesar 82,35%. Hasil belajar ranah sikap siklus I sebesar 66,69% dengan kualifikasi baik dan siklus II sebesar 80,00% dengan kualifikasi baik. Hasil belajar ranah keterampilan siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 56,68% dengan kualifikasi cukup dan siklus II sebesar 85,53% dengan kualifikasi sangat baik. Keterampilan guru mengelola pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 66,07% dengan kualifikasi baik menjadi 76,79% dengan kualifikasi baik. &#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD Negeri Jatiroto 02 Pati dapat disimpulkan bahwa penerapan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Jatiroto 02 Pati. Untuk itu siswa diharapkan lebih terbuka/bertanya terhadap guru kelas apabila mengalami kesulitan ketika mempelajari materi, sehingga siswa menjadi lebih paham dan nilainya baik.</description><date>2018-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9254/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9254/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9254/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9254/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9254/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9254/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9254/7/BAB%20VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9254/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/9254/9/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> TIFFANIE, LUCIA (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA SORT CARD PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD NEGERI JATIROTO 02 PATI. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus. </identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id</relation><recordID>9254</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author TIFFANIE, LUCIA
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA SORT CARD PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD NEGERI JATIROTO 02 PATI
publishDate 2018
topic Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/9254/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9254/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9254/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9254/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9254/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9254/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9254/7/BAB%20VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9254/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9254/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/9254/
http://eprints.umk.ac.id
contents Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh suatu gambaran dalam peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar siswa melalui model Make A Match berbantuan media SortCard pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDNegeri Jatiroto 02 Pati. Model Make A Match merupakan model pembelajaran yang meminta siswa untuk mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban atau pertanyaan materi tertentu dalam pembelajaran. Siswa dalam model ini dituntut aktif untuk bergerak mencari pasangan dengan kartu yang seesuai dengan jawaban atau pertanyaan dalam kartu tersebut.Hasil Belajar adalahSuatu keadan yang diperoleh seseorang setelah melakukan proses belajar yang berupa bertambahnya pengetahuan atau perubahan tingkah laku. Secara garis besar, hasil belajar dibagi kedalam 3 ranah yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SDNegeri Jatiroto 02 Pati dengan subjek penelitian 34 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Variabel bebas adalah model MakeA Match. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS, Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi dan tes. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Jatiroto 02 Pati yang cukup signifikan. Hasil belajar ranah pengetahuan siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 64,71% dan siklus II sebesar 82,35%. Hasil belajar ranah sikap siklus I sebesar 66,69% dengan kualifikasi baik dan siklus II sebesar 80,00% dengan kualifikasi baik. Hasil belajar ranah keterampilan siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 56,68% dengan kualifikasi cukup dan siklus II sebesar 85,53% dengan kualifikasi sangat baik. Keterampilan guru mengelola pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 66,07% dengan kualifikasi baik menjadi 76,79% dengan kualifikasi baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD Negeri Jatiroto 02 Pati dapat disimpulkan bahwa penerapan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Jatiroto 02 Pati. Untuk itu siswa diharapkan lebih terbuka/bertanya terhadap guru kelas apabila mengalami kesulitan ketika mempelajari materi, sehingga siswa menjadi lebih paham dan nilainya baik.
id IOS3090.9254
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2019-05-05T14:26:56Z
last_indexed 2019-05-05T14:26:56Z
recordtype dc
_version_ 1765996283034599424
score 17.13294