Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar PKn siswa dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing berbantuan media gambar pada materi menghargai keputusan bersama di kelas V SD Nganguk Kudus. Keterampilan guru merupakan keterampilan yang wajib dimiliki oleh guru dalam interaksi edukatif untuk mencerdaskan anak didiknya dengan metode yang diterapkanaya. Aktivitas belajar siswa merupakan kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran. Hasil belajar adalah hasil yang diperoleh peserta didik melalui proses pembelajaran yang merujuk pada penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik, dengan cara yang optimal dan dengan dukungan dan motivasi dari guru. Model pembelajaran Role Playing adalah model pembelajaran siswa yang melatih siswa untuk aktif, kreatif serta percaya diri dalam proses pembelajaran Pkn materi menghargai keputusan bersama pada siswa kelas V di SD Nganguk kudus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD Nganguk Kudus dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan setiap siklusnya. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Role Playing, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar PKn materi menghargai keputusan bersama. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini terdapat peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran yang mulanya pada diperoleh persentase pada siklus I 75,87% dan mengalami peningkatan pada siklus II 86,63%. Sedangkat aktivitas belajar siswa pada siklus I mendapatkan hasil presentase 69,37% dan mengalami peningkatan pada siklus II 79,93% Sedangkan hasil belajar siswa aspek kognitif pada prasiklus diperoleh persentase klasikal 59,8%, siklus I 81,33%, dan siklus II 92,44%. Hasil belajar aspek afektif pada siklus I diperoleh persentase klasikal 74,3%, dan siklus II 84,87%. Sedangkan hasil belajar aspek psikomotorik pada siklus I diperoleh persentase klasikal 75%, dan siklus II 84,58%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD Nganguk Kudus dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi menghargai keputusan bersama pada siswa kelas V SD Nganguk Kudus.