PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) BERBANTUAN MEDIA KONKRET SDN 3 BUGEL KEDUNG JEPARA
Main Author: | ULINNIHAYAH, RESTI |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/9240/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/9240/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9240/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9240/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9240/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9240/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9240/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9240/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/9240/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/9240/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- xii (Sangat Baik). Sedangkan hasil penelitian keterampilan proses sains aspek kognitif pada siklus I ketuntasan klasikal 68,75% (baik) dengan skor rata-rata kelas 68,23. Meningkat pada siklus II dengan ketuntasan klasikal menjadi 87,5% (sangat baik) dengan skor rata-rata kelas 79,09. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model sains teknologi masyarakat (STM)berbantuan media konkret dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas IV SD 3 Bugel materi sumber daya alam. Saran yang diberikan yaitu model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) berbantuan media konkret dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Sains Teknologi Masyarakat (STM) berbantuan media konkret, menemukan peningkatan Keterampilan Proses Sains, dan meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siswa kelas IV di SD 3 Bugel. Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) merupakan suatu model yang sesuai dengan konteks pengalaman manusia dalam kehidupan sehari- hari. Media konkret merupakan alat bantu visual yang berfungsi memberikan pengalaman langsung kepada siswa. Keterampilan Proses Sains merupakan kemampuan yang diperlukan untuk memperoleh, mengembangkan, dan menerapkan konsep sains. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model Sains Teknologi Masyarakat (STM) berbantuan media konkret dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan meningkatkan Keterampilan Proses Sains materi sumber daya alam kelas IV SD N 3 Bugel. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Lokasi penelitian di SDN 3 Bugel dengan subjek penelitian 16 siswa kelas IV. Variabel bebas adalah Model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) berbantuan media konkret, sementara variabel terikatnya adalah Keterampilan Proses Sains materi sumber daya alam. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian keterampilan guru siklus I memperoleh persentase rata-rata 72,5% (Baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 92,5% (Sangat Baik). Hasil penelitian pada keterampilan proses sains aspek afektif siswa silus I memperoleh persentase rata-rata 72,26% (Baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 90% (Sangat Baik). Hasil penelitian pada keterampilan proses sains aspek psikomotorik siswa silus I memperoleh persentase rata-rata 72,26% (Baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 90%