PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD 1 KENDENGSIDIALIT
Main Author: | DANIA MUSFIROH, UUS |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/9234/1/Hal.Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/9234/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9234/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9234/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9234/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9234/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9234/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9234/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/9234/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/9234/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- belajar Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gurudan hasil belajarIPSmenggunakan model pembalajaran Numbered Head Togheter Berbantuan Media Audio Visual. Model pembelajara Numbered Head Toghetermerupakan struktur-struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Adanya interaksi dengan kelompoknya sehingga siswa dapat berdiskusi dengan sungguh-sungguh,keadaan tersebut membuat siswa lebih aktif dan dapat melatih mereka untuk berbicara di depan umum. Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada individu sebagai akibat dari pembelajaran pada ranah kogniti, afekti dan psikomotorik. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah meningkatnya keterampilan guru dan hasil belajar IPS melalui penerapan model Numbered Head Together berbantuan media audio visual. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di Kelas V SD N 1 Kendengsidialit Jepara dengan subjek penelitian 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Siklus tersebut mempunyai empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variable bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Head Togheter BerbantuanMedia Audio Visualsedangkan untuk variable terikatnya adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara,observasi,tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajjaran IPS melalui penerapan model pembelajaranNumbered Head Togheterberbantuan media audio visual meningkat setiap siklusnya. Persentase Keterampilan guru siklus I 73% (baik), kemudian meningkat pada siklus II 85% (Sangat baik). Persentase pada ranah kognitif siklus I 70,37%(baik), kemudian meningkat pada siklus II 88,89%(sangat baik). Persentase pada ranah afektif siklus I 65,64%(baik), kemudian meningkat pada siklus II 76,75%(baik). Persentase pada ranah psikomotorik siklus I 66,50%, kemudian meningkat pada siklus II 73,6%(baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN 1 Kendengsidialit Jepara dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaranNumbered Head Togheterberbantuan media audio visual, terbukti dapat meningkatkan hasil siswa pembelajaran IPS.