PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL TRHOWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS BAGI SISWA KELAS V SD NGAWEN 2 PATI
Main Author: | FEGIKA A.N, OSVALDO |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/9139/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/9139/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/9139/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/9139/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/9139/5/Bab%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/9139/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/9139/7/BAB%20VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/9139/8/Daftar%20Pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/9139/ http://eprints.umk.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS, serta menjelaskan peningkatan hasil belajar IPS materi menceritakan tokoh-tokoh pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia pada siswa kelas V SDN Ngawen 2 Pati dengan diterapkannya model Snowball Throwing. Snowball Throwing merupakan model pembelajaran yang menggali potensi siswa dalam keterampilan membuat dan menjawab pertanyaan melalui melempar bola salju.Hasil belajar merupakan perubahan peningkatan kemampuan siswa setelah mengikuti dan memperoleh proses pembelajaran yang terdiri dari ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik. IPS merupakan ilmu pengetahuan yang mengkaji berbagai disiplin ilmu sosial. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterapkannya model Snowball Throwingdiduga dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran IPS, serta diduga dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi menceritakan tokoh-tokoh pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia pada siswa kelas V SDN Ngawen 2 Pati. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart dalam 2 siklus.Tahapan penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Ngawen 2 Pati, dengan jumlah 26 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada keterampilan mengajar guru pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi dengan persentase rata-rata pada siklus I 83.15% (baik) dan siklus II 90.76% (sangat baik), peningkatan sebesar 7.61%, kemudian peningkatan yang terjadi pada hasil belajar ranah kognitif dengan rata-rata siklus I 77% (baik) dan siklus II 92.3% (sangat baik) peningkatan sebesar 15.3%, hasil belajar ranah afektif rata-rata siklus I 69.6% (baik) dan siklus II 81,05% (baik) peningkatan sebesar 11.45%%, hasil belajar ranah psikomotorik dengan rata-rata siklus I 73.3% (baik) dan siklus II 82.5% (baik) dengan peningkatan sebesar 9.2%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas V SDN Ngawen 2 pati materi menceritakan tokoh-tokoh pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN Ngawen 2 Pati dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengajar guru meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran Snowball Throwing serta dapat meningkatkan hasil belajar IPS ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas V SDN Ngawen 2 Pati materi menceritakan tokoh-tokoh pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia. Saran yang diberikan yaitu hendaknya siswa mendengarkan penjelasan guru dengan baik sehingga dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru.