Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran bahasa Indonesia pada materi menanggapi cerita melalui model Team Quiz berbantuan media papan flanel pada siswa kelas V SD 7 Cendono Kudus, (2) Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas V SD 7 Cendono Kudus dengan diterapkannya model Team Quiz berbantuan media papan flanel, dan (3) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyimak materi menanggapi cerita pada siswa kelas V SD 7 Cendono Kudus melalui penerapan model Team Quiz berbantuan media papan flanel. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 7 Cendono Kudus dengan subjek penelitian guru dan 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Team Quiz dan media papan flanel dan variabel terikat adalah keterampilan menyimak siswa. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Team Quiz berbantuan media papan flanel dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I sebesar 81,5% dengan kriteria sangat baik, pada siklus II menjadi 89,5% dengan kriteria sangat baik. Ketuntasan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 65% dengan kriteria baik, siklus II menjadi 82,5% dengan kriteria sangat baik. Ketuntasan hasil keterampilan menyimak materi menanggapi cerita pada siklus I terdapat 13 siswa yang tuntas, pada siklus II siswa yang tuntas menjadi 21 anak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Quiz berbantuan media papan flanel dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menyimak siswa materi menanggapi cerita siswa kelas V SD 7 Cendono. Saran yang dapat diberikan yaitu melaksanakan pembelajaran yang mengikutsertakan siswa untuk terlibat secara langsung dalam pembelajaran. Salah satunya dengan menerapkan model Team Quiz dengan kegiatan bertukar informasi mengenai materi yang sedang dipelajari dengan cara bermain kuis untuk menciptakan semangat belajar siswa yang bersifat siswa aktif selama proses pembelajaran.