Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru,dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Mind Mapping berbantuan Media Bagan pada mata pelajaran PKn materi Globalisasi. Model Mind Mapping merupakan model pembelajaran salah satu bentuk pembelajaran yang digunakan melatih kemampuan menyajikan isi (content) materi pelajaran dengan pemetaan pikiran. Siswa dalam model ini dituntut untuk berpikir kritis selain itu, semua siswa akan terlibat aktif dalam pembelajaran. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku siswa yang dilihat dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik setelah mengikuti pembelajaran.Media Bagan adalah sebuah peraga yang memudahkan seseorang untuk menyampaikan sesuatu melalui sebuah alur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Demaan Kudus dengan subjek penelitian 45 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Mind Mapping dan Media Bagan, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar PKn materi Globalisasi dan keterampilan guru dalam mengajar.Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi.Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Simpulan pada penelitian ini yakni dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dan Media Bagan dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik dan keterampilan guru kelas IV SDN 2 Demaan Kudus